Kamis, September 23, 2021
BerandaNewsRegionalMulai Pekan Ini, Warga Kota Malang Tak Perlu Antre Saat Perpanjangan SIM

Mulai Pekan Ini, Warga Kota Malang Tak Perlu Antre Saat Perpanjangan SIM

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MALANG – Sebentar lagi, warga Kota Malang tak perlu mengantre panjang saat melakukan perpanjangan SIM A dan C. Sebab, pekan ini, aplikasi Sinar (SIM Nasional Presisi) bakal diterapkan di Kota Malang.

“Hari ini, Korlantas Mabes Polri sudah launching Sinar. Sehingga, masyarakat bisa melakukan perpanjangan SIM dimana saja, tanpa perlu mengantre. Setelah di-launching pusat, pekan ini, daerah bakal mengikuti,” terang Rama, sapaan akrabnya, Selasa (13/4/2021).

Rama menjelaskan, masyarakat yang akan melakukan perpanjangan SIM, tinggal mengunduh aplikasi Sinar yang ada di playstore.

“Masyarakat tinggal mengikuti proses yang ada. Sehingga, tidak perlu datang ke Satpas,” papar dia.

Rama menguraikan, proses pendaftaran dilakukan secara online. Kemudian, proses tes kesehatan dan psikologis juga dilakukan secara daring.

“Kemudian, dilakukan pembayaran. Setelah itu, warga diberi tiga pilihan untuk pengambilan SIM, mengambil sendiri, dikirim melalui pos atau diwakilkan kepada orang yang sudah diberi kode verifikasi,” jelas dia.

- Advertisement -

Mantan Kasubbagselek Bagdalpers RO SDM Polda Jatim ini menjelaskan, dalam waktu dekat, Polresta Malang Kota akan segera menyesuaikan penerapan Sinar.

“Insya Allah pekan ini akan dilaksanakan, sekitar satu atau dua hari ke depan. Masih perlu maintenance yang akan dilaksanakan. Dari aplikasi Sinar pusat, akan disambungkan dengan Satpas kami,” jelas Rama.

Sementara, untuk pembuatan SIM baru, pihaknya masih menunggu Korlantas Polri.

“Kami sifatnya masih menunggu, jika sudah diterima oleh Korlantas, kami akan segera laksanakan,” pungkas dia.

Upaya tersebut dilakukan oleh Polri untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Sekaligus, untuk membantu pemerintah memutus mata rantai covid-19. Sehingga, masyarakat tidak perlu mengantre saat mengurus SIM,” tandas dia.(nda/aka)

AnyFlip LightBox Embed Demo

popular minggu ini

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Genjot Pelatihan Inkubasi, Pemkot Mojokerto Targetkan Bentuk Ribuan Wirausahawan Baru

NUSADAILY.COM - MOJOKERTO - Pemerintah Kota Mojokerto menargetkan ribuan pengusaha baru bakal terlahir di tengah pandemi COVID-19. Hal itu ditegaskan Wali Kota Mojokerto, Ika...