Kamis, Juli 7, 2022
BerandaNewsRegionalJalankan Program Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinsos Kota Batu Anggarkan Rp 13...

Jalankan Program Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinsos Kota Batu Anggarkan Rp 13 Miliar

NUSADAILY.COM – KOTA BATU – Dinas Sosial Kota Batu mengalokasikan Rp 13 miliar untuk program perlindungan dan jaminan sosial. Anggaran itu ditujukan kepada masyarakat pra sejahtera serta kelompok organisasi.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Sekretaris Dinsos Kota Batu, Adiek Imam Santoso mengatakan, anggaran tersebut digunakan untuk menjalankan beberapa sub program. Antara lain, rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH), bantuan sosial tunai (BST) di lima kelurahan, kelompok usaha ekonomi produktif, penyandang disabilitas, anak yatim, lansia, veteran janda veteran, PBI-JKN BPJS Kesehatan dan hibah.

BACA JUGA: Junrejo, Desa Pertama di Kota Batu Berikan Perlindungan BPJS Naker Bagi Perangkat

“Mengacu pada UU nomor 11 tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial dan UU nomor 13 tahun 2011 tentang fakir miskin, program bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Dedek, sapaan akrabnya.

Untuk program RTLH, ia merinci ada 201 rumah yang tersentuh program ini di tahun 2022. Total anggarannya senilai Rp 6 miliar. Masing-masing penerima program RTLH mendapatkan bantuan senilai Rp 30 juta.

“Lalu bantuan penyandang disabilitas totalnya Rp 1,2 miliar yang dibagikan pada 211 penyandang disabilitas. Per bulannya masing-masing mendapat Rp 500 ribu,” imbuh mantan Sekretaris Dishub itu.

BACA JUGA: Inpres 2/2021 Amanahkan Pekerja Non ASN Dapat Jaminan Sosial Naker

Bantuan senilai Rp 500 ribu per bulan juga akan diberikan kepada anak-anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal karena terinfeksi Covid-19. Terhitung ada sebanyak 135 anak yatim piatu yang masuk sebagai penerima bantuan itu.

“Kemudian untuk BST di lima kelurahan akan ada 728 orang yang mendapat bantuan secara tunai. Anggaran itu sebesar Rp 218.400.000. Jadi per orang akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 300 ribu per bulan,” ujar diam

Begitu juga bagi veteran maupun janda veteran di Kota Batu sebanyak 133 orang. Mereka juga akan mendapat bantuan sekitar Rp 330 ribu setiap bulan sehingga memiki total anggaran Rp 532 juta.

BACA JUGA: Mulai 1 Maret, Jual Beli Tanah Wajib Punya Kartu BPJS Kesehatan

Selain itu, sebanyak 30 kelompok Kube Dinsos mendapat bantuan pula, pihaknya telah menganggarkan sebesar Rp 900 juta. Untuk 3197 PBI-JKN BPJS Kesehatan. juga mendapatkan bantuan sebesar Rp 322.257.600. Berikutnya lansia kurang mampu ada 48 orang, yang setiap bulannya akan mendapat bantuan sekitar Rp 450 ribu. Totalnya dinggarkan sebesar Rp 268.800.000.

“Ditambah hibah kepada DHC ’45, LVRI, PWRI, PEPABRI yang masing-masing mendapatkan Rp 20 juta. Lalu untuk LKS atau LKSA sebanyak 14 lembaga kami beri bantuan sebesar Rp750 juta. Terakhir, K3S selama 1 tahun kami beri bantuan sebesar Rp 50 juta,” pungkasnya.(wok/lna)

BERITA KHUSUS

Sampaikan LPJ APBD 2021, Gus Ipul: Jadi Motivasi Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja Keuangan

NUSADAILY.COM – KOTA PASURUAN – DPRD Kota Pasuruan menggelar Rapat Paripurna I dengan agenda Penyampaian Nota Keuangan Raperda tentang Pertanggungjawaban (LPJ) Pelaksanaan APBD Kota...

BERITA TERBARU

4 Inovasi Pesawat Mewah untuk Penerbangan Masa Depan

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Beberapa maskapai dan perusahaan di dunia memperkenalkan beragam desain pesawat terbaru mereka. Mulai dari bangku kapsul hingga desain mewah seperti...