Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaNewsRegionalJaga Jejak Bung Karno di Kota Mojokerto, Sekjen PDIP Akan Usulkan Grand...

Jaga Jejak Bung Karno di Kota Mojokerto, Sekjen PDIP Akan Usulkan Grand Desain Soekarno Center ke Kementerian

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MOJOKERTO – Grand desain galery “Soekarno Center” di Sekolah Dasar Ongko Loro atau sekarang menjadi SDN Purwotengah, Kota Mojokerto diapresiasi Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto.

Bahkan, politisi PDIP ini akan mengusulkan Sekolah Ongko Loro tempat Soekarno kecil menimba ilmu di Kota Mojokerto sebagai bagian rekam jejak Bung Karno dalam perjuangan bangsa Indonesia.

Bung Karno semasa kecil pernah bersekolah di Kota Mojokerto antara tahun 1907-1912 yakni di sekolah rakyat Ongko Loro dan Europesche Lagere School (ELS) Pada tahun 1911 yang kini berubah menjadi SMPN 2 Kota Mojokerto.

Hasto menjelaskan Sekolah Ongko Loro (Angka Dua) di Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto merupakan tempat bersejarah di mana kesadaran kebangsaan Bung Karno telah dibangun sejak bersekolah di SD Ongko Loro ini.

“Kami mengapresiasi upaya Ibu Walikota Mojokerto (Ika Puspitasari) yang menjadikan SD Ongko Loro tempat sekolah Soekarno kecil ini bagian dari keseluruhan rekam jejak perjuangan Bung Karno,” ungkapnya usai melihat bekas sekolah Ongko Loro di SDN 2 Purwotengah, Kota Mojokerto, Minggu, 26 September 2021.

Dia memberikan dukungan sepenuhnya bahkan pihaknya akan berkoordinasi langsung dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim yang berkaitan sejarah bangsa Indonesia khususnya terkait Bung Karno.

“Kami akan berkoordinasi dengan Mendikbudristek, Nadiem Makarim untuk membahas bagaimana program-program yang sangat penting bagi sejarah bangsa
khususnya Bunga Karno dapat ditempatkan  pada tempat yang sewajarnya,” ucapnya.

Dalam kunjungannya, politisi PDI-P juga melihat pemaparan dari Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari tentang grand design galeri Soekarno Center di SDN 2 Purwotengah.

Menurut dia, dalam bentuk visualisasi desain galeri Soekarno Center itu sangat bagus yang memuat rekam jejak perjuangan Bung Karno yang dikombinasikan dengan simbol-simbol kerajaan Majapahit.

Apalagi, grand design galeri Soekarno Center ini juga ditampilkan berbagai aspek kebudayaan, patung Bung Karno yang ditampilkan dalam tradisi sekolah (SD Ongko Loro) yang juga mengingatkan bagaimana bentuk pendidikan saat itu.

Kemudian berbagai tempat untuk kontemplasi dalam perjalanan Bung Karno dengan tetap memperhatikan keaslian dari seluruh tempat bersejarah ini dan merupakan desain yang sangat baik.

“Kami memberikan dukungan hanya untuk sentuhan seni, arsitektur karena Bung Karno ini juga pecinta seni sehingga perlu diperkuat dan dengan adanya gamelan yang ada disini menunjukkan Soekarno yang menyampaikan gagasan Indonesia begitu kaya tradisi kebudayaan,” jelasnya.

Terpisah, Wali Jota Mojokerto Ika Puspitasari saat memaparkan sedikit sejarah Sekolah Ongko Loro masih terdapat dua peninggalanan papan tulis yang otentik dan beberapa bangku sejak tahun 1907.

Sedangkan, grand design galeri Soekarno Center di SDN 2 Purwotengah nantinya tidak akan mengubah bangunan asli. Bahkan, banguanan asli tidak diperkenankan lagi untuk dimanfaatkan sebagai kelas aktif.

“Jadi kelas yang ini, tidak akan dimanfaatkan lagi untuk mengajar. Karena kita jaga kelestariannya. Apalagi sudah masuk dalam cagar budaya. Untuk pembelajaran kita lakukan di gedung baru nantinya,” Ning Ita memungkasi. (din/kal)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

PCR

Aturan Terbaru Perjalanan Udara Jawa-Bali, Wajib Tes PCR!

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Satuan Tugas COVID-19  menyampaikan pelaku perjalanan udara dari dan ke Pulau Jawa-Bali serta daerah PPKM level 3 dan 4 wajib menyertakan...