Jumat, Januari 21, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalHindari Kerumunan, KPU Sumenep Berlakukan Jam Bagi Pemilih Saat Pencoblosan

Hindari Kerumunan, KPU Sumenep Berlakukan Jam Bagi Pemilih Saat Pencoblosan

NUSADAILY.COM – SUMENEP – Demi menghindari kerumunan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur, akan memberlakukan jam kepada setiap pemilih disaat pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 nanti.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Pemberlakuan jam tersebut sebagai upaya KPU Sumenep menghindari kerumunan massa pemilih akan datang ke TPS masing-masing.

“Penerapan waktu untuk pemilih ini bagian dari salah satu upaya untuk mencegah peredaran virus Corona atau COVID-19,” Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi Tanzil, Rabu 4 November 2020.

Menurutnya, ada aturan dari KPU yang harus membatasi membludaknya calon pemilih di TPS. Sehingga pihaknya menerapkan pembatasan waktu bagi para pemilih ini untuk datang ke TPS.

BACA JUGA: Pemkab Trenggalek Tetapkan Lima Kecamatan Darurat Bencana

“Untuk para pemilih, nantinya akan ada surat C-Pemberitahuan kepada pemilih pada saat KPPS akan membagikan undangan,” tuturnya.

Jadi nanti, lanjut Rafiqi, KPPS akan memberitahukan bahwa pemilih tersebut hadir jam yang sudah ditentukan.

“Kami mengharapkan agar datang tepat waktu. Sesuai dengan yang telah ditetapkan agar supaya menghindari kerumunan massa di TPS,” terangnya.

Sebab, penerapan pembatasan waktu baru diberlakukan dalam Pilkada tahun ini. Dirinya mengaku masih perlu mensosialisasikan agar masyarakat tidak kebingungan.

“Jadi masih akan kami sosialisasikan. Nanti para pemilih juga bisa dengan membawa KTP ke TPS. Setelah itu kami juga akan melihat waktu atau jam yang sudah ditentukan,” imbuhnya.

Selain itu, petugas KPPS juga tetap diperbolehkan menerima pemilih yang datang telat atau melebihi waktu yang telah ditentukan.

“Yang penting kami tunggu dan kami layani dari jam 7 sampai jam 13.00 Wib. Kalau lebih dari jam itu maka sudah dianggap gugur,” pungkasnya.

Untuk diketahui, selain pembatasan jam, KPU Sumenep juga akan menyediakan alat pelindung diri (APD) seperti masker, kemudian pulpen untuk bahan pencoblosan hingga tinta semprot sebagai tanda sudah memilih. (nam/kal)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily