Rabu, September 28, 2022
BerandaBerita KhususGrebeg Suro dan Hari Jadi Ponorogo Bakal Spektakuler, Sebagai Titik Kebangkitan Ekonomi

Grebeg Suro dan Hari Jadi Ponorogo Bakal Spektakuler, Sebagai Titik Kebangkitan Ekonomi

Untuk merealisasikan kegiatan-kegiatan yang spektakuler itu, pihaknya merencanakan anggaran sebanyak Rp8 miliar, namun saat ini Pemkab Ponorogo masih mengantongi dana sebesar Rp3 miliar.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Baca Juga: Yadi Sembako Jadi Bintang Video Klip Dilla Priscillia

Pihaknya pun bersurat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno untuk membantu pendanaan Grebeg Suro. Sebab salah satu agendanya yakni festival Reog masuk dalam Kalender Event Nasional (KEN) 2022 Kemenparekraf.

“Mestinya ada anggaran dari pusat, sebab Festival Reog itu masuk KEN 2022 Kemenparekraf. Kita surati Mas Menteri Sandiaga Uno, kurangannya akan kita carikan sponsor,” tukas Kang Giri.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo, Judha Slamet Sarwo Edi juga mengatakan, prosesi sakral Bedol Pusaka dan Kirab Pusaka juga mengisi agenda tersebut.

“Untuk kirab pusaka, seperti biasa akan diarak dari pintu gerbang makam Batoro Katong menuju Pendopo Agung. Sebelumnya ada jamasan di depan Paseban Alun-Alun Ponorogo,” tuturnya.

Baca Juga: Janji Bupati Magetan-Ponorogo Turunkan Level 4 ke 2 ke Gubernur Khofifah Tak Terbukti Hanya Level 3

Judha Slamet Sarwo Edi mengatakan, Rute kirab pusaka ini start di Jalan Batoro Katong menuju Jalan Urip Sumoharjo. Dilanjutkan ke Jalan HOS Cokroaminoto-Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Alun-Alun Timur dan berakhir Jalan Alun-Alun Utara.

“Sebelum pusaka milik Ponorogo ini dikirab, malam harinya dilakukan bedol Pusoko dari Pringgitan menuju makam Batoro Katong,” pungkasnya. (nto/ark)

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Karier Harry Maguire di MU Sudah di Ujung Tanduk?

NUSADAILY.COM - MANCHESTER - Legenda Liverpool, Jamie Carragher beri kritik kepada Harry Maguire. Katanya, bek tengah itu sudah habis waktunya di Manchester United untuk...