Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaNewsRegionalDLH Kota Malang Terjunkan 30 Personel Evakuasi Pohon Tumbang

DLH Kota Malang Terjunkan 30 Personel Evakuasi Pohon Tumbang

NUSADAILY.COM – MALANG – Hujan deras disertai angin di Kota Malang yang terjadi pada Kamis (3/2/2022) menyebabkan pohon tumbang di sejumlah titik. Bahkan, ada yang menimpa kendaraan roda empat di sekitar Jalan Sunandar Priyo Sudarmo dan Jalan Tenaga Utara, Blimbing Kota Malang.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Wahyu Setianto mengatakan, akibat cuaca ekstrem tersebut, ada delapan pohon tumbang yang kebanyakan menyebar di wilayah Utara Kota Malang.

Pihaknya pun telah menerjunkan sebanyak 30 personel untuk mengevakuasi pohon tumbang tersebut, agar tak mengganggu aktivitas warga.

BACA JUGA: Hujan Angin di Kota Malang Sebabkan Sejumlah Pohon Tumbang, BMKG: Waspada Hujan Es dan Petir

“Kami menerjunkan 30 personel untuk turun ke lapangan. Sempat kewalahan, tapi tetap kita kondisikan semua,” ujar Wahyu.

Untuk dua mobil yang tertimpa pohon, lanjut Wahyu, DLH Kota Malang memiliki asuransi pohon untuk bisa di klaim oleh pemilik kendaraan.

“Menimpa mobil kita ada asuransi. Jadi yang tertimpa besok ke kantor DLH,” tegas dia.

Ia menyebutkan sebagian pohon besar yang roboh akibat angin kencang tersebut memang pohon-pohon tua yang ada di Kota Malang.

Oleh karena itu, DLH Kota Malang telah melakukan antisipasi sejauh ini dengan melakukan pemotongan di bagian ranting pohon untuk mengurangi beban pohon agar tak mudah terjatuh.

BACA JUGA: Aktivitas Warga di Kupang Lumpuh Akibat Angin Kencang, Banyak Pohon Tumbang

“Kalau alat deteksi masih belum. Kita lakukan pengeprasan (pemotongan) setiap hari untuk antisipasi. Jadi sebenarnya memang faktor alam dan pohon di Kota Malang ini memang tua-tua,” tandas dia.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Malang, Alie Mulyanto meminta kepada masyarakat untuk berhati-hati dan waspada saat cuaca ekstrem, khususnya para pengendara untuk tak berhenti dilokasi pepohonan yang saat ini rawan tumbang akibat cuaca ekstrem.

BACA JUGA: Pohon Tumbang Rusak Rumah Warga di Wonosari Kabupaten Madiun

“Saat ini masih musim cuaca ekstrem. Kalau lewat lokasi-lokasi rawan jangan berhenti di pohon besar. Untuk kerugian masih kita assesment,” tandas dia.(nda/lna)

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Rasakan Hal Mistis, Sarwendah Temukan Ular Kobra di Rumahnya

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Sarwendah mengisahkan sejumlah pengalaman mistis saat berada di rumahnya. Istri Ruben Onsu itu mengaku kerap kali terganggu dengan berbagai hal yang...