Kamis, Oktober 21, 2021
BerandaNewsRegionalDisnaker-PMPTSP Kota Malang Bahas Usulan RPP Penyelenggara Perizinan

Disnaker-PMPTSP Kota Malang Bahas Usulan RPP Penyelenggara Perizinan

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MALANG – Pemerintah pusat terus berupaya melakukan sosialisasi terhadap Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha di Daerah yang merupakan turunan Undang-Undang Cipta Kerja. Kamis (12/11), sosialisasi kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dilakukan secara virtual di Ngalam Command Center.

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko menjelaskan, RPP yang merupakan turunan dari UU Cipta Kerja itu saat ini memang dalam tahap pembahasan serius. Salah satu tujuannya, yakni memberikan kemudahan bagi masyarakat serta calon investor di daerah.

“Sebelum RPP itu disahkan menjadi PP, maka daerah diajak rembug dan mengusulkan, kira-kira kemudahan apa yang bisa ditawarkan, dan nantinya bisa diimplementasikan,” terang dia.

BACA JUGA: Temuan Rel di Kawasan Kayutangan, Ini Kata Sutiaji

Pria yang akrab disapa Bung Edi tersebut menguraikan, draft RPP yang disosialisasikan tersebut kemudian akan dipelajari oleh Dinas Tenaga Kerya, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker-PMPTSP) Kota Malang hingga bagian hukum Pemkot Malang. Selanjutnya akan dilakukan pembahasan lebih detail dan usulan akan disampaikan ke pemerintah pusat.

“Tentu usulan harus sesuai dengan aturan yang ada, dan tujuan akhirnya adalah kemudahan serta kesejahteraan masyarakat,” imbuh dia.

Kepastian hukum kepada masyarakat dan calon investor

Selain itu, pembahasan RPP tersebut juga untuk memberikan kepastian hukum kepada masyarakat dan calon investor. Sehingga menanamkan modal di Kota Malang ini akan lebih aman dan nyaman.

“Ketika investasi dimudahkan, akan menciptakan lapangan kerja dan kemudian diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat,” pungkas dia.

Sementara itu, Kepala Seksi Verifikasi dan Validasi Disnaker-PMPTSP Kota Malang, Muhammad Yusuf menambahkan, pembahasan draft RPP Kemudahan Berusaha di Daerah itu akan segera dilakukan. Selanjutnya, setiap perangkat daerah akan merumuskan bersama usulan apa saja yang bisa diajukan.

“Secepatnya usulan yang dibuat akan dikirim ke pemerintah pusat,” jelas dia.

BACA JUGA: Terjadi Lagi, Gedung Sekolah di Jember Ambruk

Saat ini, lanjut dia, Disnaker-PMPTSP Kota Malang sudah menerapkan kemudahan bagi masyarakat dan calon investor yang akan menanamkan modalnya di Kota Malang. Salah satunya adalah layanan berbasis online yang sudah bisa diakses di manapun dan kapanpun.

“Setiap inovasi terus dimaksimalkan dan diperbarui untuk memudahkan masyarakat berinvestasi. Pengurusan izin pun sudah lebih dipermudah dan dipercepat,” pungkas dia. (nda/kal)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

Polda Metro Periksa Rachel Vennya Hari Ini

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Penyidik Polda Metro Jaya berencana memeriksa ​selebgram Rachel Vennya terkait dugaan kabur dari isolasi di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet...