Kamis, Juli 7, 2022
BerandaNewsRegionalBupati Malang Resmikan Wisata Mahoni Dempok Pagak

Bupati Malang Resmikan Wisata Mahoni Dempok Pagak

NUSADAILY.COM – MALANG – Sesuai himbauan Presiden Joko Widodo terkait mencari aset desa yang bisa dikembangkan dengan syarat tanpa merusak lingkungan sekitarnya, Kabupaten Malang kini kian menggalakan obyek wisata yang ada berbagai Desa.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Salah satunya adalah wisata Mahoni Dempok, yang berada di kawasan Desa Gampingan Kecamatan Pagak, yang baru saja diresmikan oleh Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi, M.M , Minggu (23/8) pagi.

Destinasi wisata Mahoni ini digagas oleh Bumdes Maju Jaya dibawa komando Ketua Bumdes Maju Jaya H. Rofi’i Iswahyudi dan Kepala Desa, Hj. Illa Husna, dengan berkonsep riverside park di bantaran Sungai Brantas yang menyuguhkan view alam yang begitu indah dan sejuk.

Bupati Malang Abah Sanusi, sapaan akrab Bupati, mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Bumdes Maju Jaya dan Pemdes Gampingan dengan melahirkan Wisata Mahoni Dempok ini.

Dirinya juga Berharap semua desa, kepala desa, pengusaha meniru Bundes Maju Jaya dan Kepala Desa sebagai langkah untuk mewujudkan one village one destination, one village one product.

“Awalnya hanya tanah gundukan namun kini menjadi tempat wisata dan tinggal tunggu waktu akan menjadi tujuan wisata yang mampu menghasilkan berkah bagi masyarakat Gampingan. Tinggal tanggung jawab para pengelola memberikan sarana dan fasilitas yang mampu memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. Semoga dapat memberikan manfaat positif dalam peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar. Derta dapat menambah pilihan obyek wisata baru yang ada di Kabupaten Malang,” jelas Abah Sanusi

Dalam peresmiannya , Abah Sanusi didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang, Hj. Anis Zaida, selain itu terlihat pula Ketua DPRD Kabupaten Malang dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang.

Makin banyak pilihan berwisata

Abah Sanusi Juga menambahkan dengan di-launching-nya Wisata Mahoni, tentunya akan semakin menambah pilihan destinasi wisata bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Malang dan dirinya pun yakin. Jika keunggulan dari Wisata Mahoni Dempok ini nantinya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Karena selain dapat menikmati obyek wisata yang ada, wisatawan tidak perlu bingung mencari alternatif kuliner yang lain di luar kawasan karena disini juga telah dilengkapi dengan wisata kuliner khas dari desa setempat.

Berharap Wisata Mahoni ini juga akan mampu meningkatkan derajat masyarakat Gampingan dan sekitarnya. Bumdes punya impian hasil dari pengelolaan tempat wisata ini mampu dimanfaatkan dan dibagi rata dalam bentuk santunan baik uang maupun sembako bagi warga. Bahkan, mereka juga mengagendakan hadiah umroh bagi masyarakat Gampingan.

”Wisata Mahoni Dempok yang dikembangkan di wilayah Kecamatan Pagak ini nantinya dapat berkembang menjadi tempat wisata unggulan perlu diperhatikan tentang pola pengelolaan yang baik. Termasuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadi ujung tombak operasional wisata. Hal ini penting, mengingat sebagaimana usaha pada umumnya. Tantangan yang dihadapi ke depan akan semakin meningkat. Coba diagendakan untuk menggelar Festival Dayung dan diadakan di sini. Sepertinya sangat layak sebagai venue bekerja sama dengan Jasa Tirta. Apakah juga boleh perairan bantaran sungai dan Waduk Sengguruh ini bisa digunakan untuk sirkuit jetsky. Jika bisa menggelar Festival Dayung. Jetsky dan Lomba Jala Ikan tingkat internasional pasti tempat wisata ini akan langsung mendunia,” jelas Abah Sanusi.

Wisata Mahoni ini sudah dilengkapi dengan berbagai sarana dan fasilitas bagi para pengunjung. Diantaranya sejumlah permainan seperti sepeda air, flying fox. Spot swa foto, play ground dan kamar mandi. Selain itu, keberadaan warung pujasera bagi pengunjung dengan menu olahan ikan bakar dan lain-lain.(sir/aka)

BERITA KHUSUS

Sampaikan LPJ APBD 2021, Gus Ipul: Jadi Motivasi Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja Keuangan

NUSADAILY.COM – KOTA PASURUAN – DPRD Kota Pasuruan menggelar Rapat Paripurna I dengan agenda Penyampaian Nota Keuangan Raperda tentang Pertanggungjawaban (LPJ) Pelaksanaan APBD Kota...

BERITA TERBARU

4 Inovasi Pesawat Mewah untuk Penerbangan Masa Depan

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Beberapa maskapai dan perusahaan di dunia memperkenalkan beragam desain pesawat terbaru mereka. Mulai dari bangku kapsul hingga desain mewah seperti...