Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita KhususBerantas Rokok Ilegal, Pemkab Situbondo Gandeng Bea Cukai

Berantas Rokok Ilegal, Pemkab Situbondo Gandeng Bea Cukai

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – SITUBONDO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) menggandeng Bea Cukai Jember dalam mensosialisasikan bahaya memperjual belikan rokok ilegal, Selasa, 12 Oktober 2021. Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Desa Trigonco, Kecamatan, Asembagus.

Petugas Penyuluhan Bea Cukai Jember, Muhammad Awaluddin Firdaus mengatakan, bagi pedagang atau masyarakat yang kedapatan menjual rokok ilegal akan dikenai sanksi pidana. Hal itu sesuai dengan undang-undang nomor 39 tahun 2007, pasal 54.

“Bisa dijerat pidana 1 sampai 5 tahun. Dan denda dua kali sampai sepuluh kali nilai bea cukai,” ujarnya.

BACA JUGA: Diskominfo Kabupaten Malang Geber Pelatihan Gempur Rokok Ilegal Bagi Warga Sumawe

Untuk itu, Awaluddin Firdaus meminta kepada peserta yang hadir dalam acara tersebut agar menyampaikan kepada masyarakat terkait bahaya memperjual belikan rokok ilegal.

“Kami mengajak kepada para pelaku usaha dan pedagang agar berperan aktif dalam menekan peredaran rokok ilegal. Sehingga penerimaan negara menjadi meningkat demi kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Lebih lanjut, Awaluddin Firdaus menjelaskan, ciri-ciri rokok ilegal yakni tidak memiliki cukai di kemasannya.

“Cukup gampang cara membedakannya, jalau tidak ada pita cukainya, dapat dipastikan itu rokok ilegal,” tegasnya.

Awaluddin Firdaus menambahkan, masyarakat juga harus lebih jeli, kemasan rokok yang ada pita cukainya sekalipun harus diperhatikan lagi. Karena ada pita cukai yang asli dan ada juga yang palsu.

“Tanda kemasan rokok dengan pita cukai yang sesuai dapat dilihat dari bandrolnya. Pastikan bandrolnya asli dan tidak berbekas,” imbuhnya.

BACA JUGA: Blusukan ke Pasar Tim Bea Cukai Sasar Penjual Rokok Tanpa Pita Cukai

Ditempat yang sama, Kepala Disperdagin Situbondo, Edi Wiyono mengajak masyarakat di Kota Santri Pancasila untuk berperan aktif dalam menekan peredaran rokok ilegal. Sehingga peredaran rokok ilegal bisa diberangus.

“Yang pertama, warga kita harus paham dulu tentang peraturan perundangan-undangan terkait peredaran rokok ilegal,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Disperdagin, Edi Wiyono, Petugas Penyuluhan Bea dan Cukai Jember, Muhammad Awaluddin Firdaus, Kapolres, AKBP Imam Rifai. (fat/lna/adv)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

PCR

Aturan Terbaru Perjalanan Udara Jawa-Bali, Wajib Tes PCR!

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Satuan Tugas COVID-19  menyampaikan pelaku perjalanan udara dari dan ke Pulau Jawa-Bali serta daerah PPKM level 3 dan 4 wajib menyertakan...