Selasa, September 21, 2021
BerandaNewsRegionalBantuan Alat Ventilator di Kota Malang Belum Difungsikan

Bantuan Alat Ventilator di Kota Malang Belum Difungsikan

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MALANG – Pekan lalu, Kota Malang baru saja mendapat bantuan pinjaman alat ventilator dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur untuk menangani pasien covid-19 dengan gejala berat.

Namun, sampai saat ini, alat tersebut masih belum bisa difungsikan. Sebab, masih menunggu pelatiihan tenaga medis dari Pemprov Jatim.

“Untuk jumlah tenga medisnya masih belum dilaporkan dari RS kepada kami. Standarnya kan satu alat ventilator dioperasikan minimal 4 orang,” terang Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Malang, dr. Husnul Muarif.

Husnul menjelaskan, dengan bantuan alat tersebut, bisa menurunkan angka kematian pasien Covid-19 dengan gejala berat. Namun, karena belum bisa dioperasikan, Husnul mengungkapkan belum bisa memprediksi prosentase angka kematian Covid-19 di Kota Malang.
“Iya masih belum. Karena alatnya belum bisa dioperasikan karena masih menunggu pelatihan tenaga medis,” ujar dia.

Lebih lanjut, Husnul menguraikan, alat ventilator tersebut, Satgas Covid-19 Kota Malang juga bisa memantau proses treatment pasien Covid-19 dengan gejala berat secara intensif.

“Sebab, saat kekurangan ventilator. Otomatis pasien kami rujuk ke luar Kota Malang. tentu berkurangnya rujukan keluar efektivitasnya jadi lebih baik karena penanganan tidak akan terlambat,” ujar dia.

- Advertisement -

Saat ini, ada sembilan alat ventilator yang tersebar di empat Rumah Sakit (RS) rujukan di Kota Malang. Meski sudah demikian, untuk menurunkan angka kematian covid-19, juga harus diiringi dengan inisiatif dari keluarga pasien ketika mengetahui bahwa salah satu anggota keluarganya termasuk dalam gejala berat covid-19.

“Sekalipun sudah ada ventilator. Tapi ada keterlambatan dari pihak keluarga ketika ada keluhan. Ini juga menjadi faktor tingginya angka kematian di Kota Malang,” tandas dia.(nda/aka)

+ posts
AnyFlip LightBox Embed Demo

popular minggu ini

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Genjot Pelatihan Inkubasi, Pemkot Mojokerto Targetkan Bentuk Ribuan Wirausahawan Baru

NUSADAILY.COM - MOJOKERTO - Pemerintah Kota Mojokerto menargetkan ribuan pengusaha baru bakal terlahir di tengah pandemi COVID-19. Hal itu ditegaskan Wali Kota Mojokerto, Ika...