Kamis, Desember 9, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalAbek-Rembhek Ngopi Bareng Karna Suswandi dengan LMDH, Budidaya Porang Masuk Program 100...

Abek-Rembhek Ngopi Bareng Karna Suswandi dengan LMDH, Budidaya Porang Masuk Program 100 Hari Kerja

NUSADAILY.COM – SITUBONDO – Setelah ditetapkan sebagai Bupati Situbondo oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Situbondo, Karna Suswandi langsung menggelar acara ngopi bareng dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di Desa Widoropayung, Kecamatan Besuki, Sabtu, 23 Januari 2021. Kedatangan Karna Suswandi untuk membudidayakan tanaman porang di Kabupaten Situbondo.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Dalam sambutannya Karna Suswandi mengatakan, telah mengutus orang untuk menyampaikan kepada Dinas Tanaman Pangan, Holticultura dan Perkebunan untuk mendorong LMDH menjadi kelompok tani hutan, sehingga bisa mengakses pupuk bersubsidi seperti petani pada umumnya.

BACA JUGA: Sah, Karna Suswandi-Nyai Khoirani, Bupati dan Wakil Bupati Baru Situbondo

“Saya mengutus Pak. Hadi untuk komunikasi dengan dinas agar LMDH bisa dapat pupuk seperti petani lain,” ucap Karna Suswandi.

Menurut Karna, semua petani di Kabupaten Situbondo berhak mendapatkan pupuk bersubsidi agar tanaman porang bisa tumbuh subur sehingga bernilai ekonomis tinggi. Selain itu dalam waktu dekat ini ia akan menemui investor yang ingin mendirikan pabrik porang di Situbondo. Sehingga para petani tidak khawatir pada membudidayakan tanaman porang.

“Nanti saya lihat hasilnya kalau memuaskan, hari selasa atau rabu saya bertemu dengan pabrikan yang akan mendirikan pabriknya di Situbondo,” ujarnya.

Terpisah Ketua Asosiasi Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Kabupaten Situbondo Hadi Wiyoto mengungkapkan, budidaya tanaman porang di Kabupaten Situbondo adalah inisiatif dari Bupati terpilih Karna Suswandi dan telah masuk dalam program 100 hari kerja.

BACA JUGA: Karna Suswandi Raih Kemenangan Gelar Tasyakuran di Kampung Halaman – Imperiumdaily.com

Ia menambahkan, keuntungan budidaya porang bagi petani selain memiliki nilai ekonomis tinggi juga mudah dalam proses pemasarannya.

“Ini inisiatif Pak. Bupati baru dan sudah masuk program 100 hari kerja. Nilai ekonomis dan pemasaran itu kelebihannya,” terangnya.

Lebih lanjut Hadi menjelaskan, terdapat 6335 hektar lahan yang sudah siap digunakan untuk budidaya tanaman porang. Ia berharap kepada seluruh anggota LMDH untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan baik ini.

“Sementara ada 6335 hektar lahan yang siap. Pesan saya ke teman-teman harus optimis,” katanya.

Hadi menegaskan dirinya siap untuk menemui Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holticultura dan Perkebunan Sentot Sugiono untuk memastikan ketersediaan pupuk bersubsidi bagi petani anggota LMDH sesuai instruksi Bupati terpilih Karna Suswandi.

“Besok saya temui Pak. Sentot untuk menindaklanjuti pesan Pak. Bupati,” tegasnya. (fat/lna)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Peningkatan aktivitas gunung Semeru ##tiktokberita

♬ suara asli - Nusa Daily