Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaNewsJatim3 Tahun Tak Turun Ke Petani, Ini Aliran DBHCHT Pemkab Magetan

3 Tahun Tak Turun Ke Petani, Ini Aliran DBHCHT Pemkab Magetan

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Dana Bagi Hasil Cukai Casil Tembakau (DBHCHT) yang diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan tahun 2022 naik jika dibandingkan dengan tanun 2021 lalu. Kenaikan DBHCHT mencapai Rp21,2 miliar.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Baca Juga: Derita Petani Tembakau Magetan 3 Tahun tanpa DBHCHT: Puluhan Miliar Tak Rembes

Kepala Bagian Perekonomian Setdakab Magetan, Nurlaila mengatakan, ada 6 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memanfaatkan DBHCHT.

Keenam OPD tersebut antara lain Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP), Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Satpol PP dan Damkar, Dinas Kesehatan, RSUD dr Sayidiman dan Dinas Sosial.

Baca Juga: Kabupaten Malang Terima Rp 80 Milliar untuk DBHCHT Tahun 2021

Utuk besaran dana yang diterima masing-masing OPD, Nurlaila mengaku tidak tahu pasti berapa jumlahnya dan dia hanya menyebutkan OPD yang menggunakan saja.

“Kami jelaskan globalnya saja ya. Karena ini kan ada di OPD masing-masing,” ujarnya, Rabu (3/8/2022).

Baca Juga: Evaluasi DBHCHT Kabupaten Malang, Wamenkeu: Alokasinya Vital untuk Pembangunan Daerah

Nurlaila, menyebut jika pengunaanya sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 215 tahun 2021 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau.

“Penggunaan termasuk, bantuan langsung tunai kepada buruh pabrik rokok yang ber-KTP Magetan. Untuk petani bantuan berupa sarpras bukan uang tunai. Kemudian, untuk sosialisasi Gempur Rokok Ilegal,” lanjutnya.

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Penemuan Perahu Kuno Kerajaan Powan di Sungai Andong Ngawi

NUSADAILY.COM – NGAWI – Warga menemukan sebongkah batang kayu yang diduga sebagai bangkai perahu kuno di sungai Andong Desa/Kecamatanan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Baca...