Para Garwa Pewaris Takhta

  • Whatsapp
pilkada istri
Garwa Pewaris Takhta. (Kolase: ark/nusadaily.com)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BANYUWANGI – Para garwa pewaris takhta, muncul seusai hasil Pilkada serentak 9 Desember, 2020 lalu. Karena, bakal ada lima Kepala Daerah baru yang mewarisi takhta dari suaminya. Sementara di Jawa Timur, juga ada dua daerah yang akan dipimpin oleh kakak beradik, tepatnya di Pasuruan dan Mojokerto.

Tangis dan tawa ikut mewarnai, usai hasil hitung cepat dari berbagai lembaga survei yang seakan menjadi palu gada penentu pemenang pilkada.

Baca Juga

Dalam gelar pilkada kali ini, diikuti sejumlah istri kepala daerah. Sebagian besar diprediksi menang berdasar hasil hitung cepat, dan pastinya akan menggantikan posisi suami mereka, setelah KPU selesai melakukan rekapitulasi hitung manual, mulai tanggal 13-23 Desember, sesuai PKPU 5/2020.

Dirangkum Nusadaily.com, sedikitnya ada enam orang calon kepala daerah, sebelumnya hanya menjabat sebagai ketua PKK, karena merupakan istri kepala daerah yang sedang menjabat. Sayangnya hanya lima yang diunggulkan dalam hitung cepat.

BACA JUGA: Lima Istri Pewaris Takhta Bupati/Walikota dari Suami di Pilkada 2020

Di Pilkada Kabupaten Semarang, nama  istri yang seharusnya bisa menggantikan jabatan suami mereka adalah Bintang Narsasi, Istri Bupati Semarang Mundjirin ES. Namun saat ini nasib Bintang sepertinya tak semujur istri kepala daerah lainnya yang diprediksi menang.

Jika prediksi hitung cepat tak meleset, mereka akan meneruskan pemerintahan yang sebelumnya diemban sang suami. Dari semula ibu wali kota akan kembali jadi ibu wali kota yang sebenarnya, ibu Bupati akan jadi Ibu Bupati yang asli.

Berikut rangkumkan perolehan suara para istri pewaris takhta dalam Sirekap di situs resmi KPU:

1. Ipuk Fiestiandani, istri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas

Ipuk Fiestiandani maju di Pilkada Banyuwangi 2020 dengan status istri Bupati dua periode Banyuwangi Azwar Annas. Azwar juga dikenal sebagai salah satu andalan PDIP di Jawa Timur.

Di Pilkada Banyuwangi 2020, Ipuk berpasangan dengan Sugirah. Mereka mendapat sokongan dari koalisi PDIP, Gerindra, Golkar, Nasdem, PPP, Demokrat.

BACA JUGA: Programnya Lebih Solutif, Warga Mantap Pilih Ipuk-Sugirah – Imperiumdaily.com

Ipuk-Sugirah meraih 76.853 suara atau 50,9 persen suara masuk. Sementara rivalnya, Yusuf Widyatmoko-Muhammad Riza Aziziy memperoleh 74.130 suara atau 49,1 persen suara masuk.

Perolehan suara itu dimutakhirkan 07.13 WIB. Baru 18,08 persen suara masuk di Sirekap KPU. Artinya, baru 677 dari 3.745 TPS yang telah mengunggah hasil rekapitulasi suara.