Senin, Januari 24, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsMetropolitanWakil Ketua KPK Nurul Ghufron Jelaskan soal Hartanya yang Melonjak Usai Disentil...

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Jelaskan soal Hartanya yang Melonjak Usai Disentil Febri

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Febri Diansyah, mantan Jubir KPK, menyinggung Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron yang kekayaannya naik drastis selama menjabat di KPK.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA: Pabrik Gula Djatiroto Tutup Akses ke Tempat Mesin Six Roll Mill yang Sedang Berperkara di KPK

Ghufron menjelaskan kenaikan hartanya itu disebabkan beberapa aset yang dia miliki.

“Saya sampaikan terima kasih atas perhatiannya dan saya berbangga atas pengawasan dan kontrol publik terhadap aparat negara. Semoga bermanfaat untuk menjaga integritas pegawai negeri,” kata Ghufron saat dikonfirmasi perihal cuitan Febri Diansyah, Kamis (2/12/2021).

Ghufron kemudian menjelaskan penyebab hartanya naik selama menjadi pimpinan KPK. Dia mengatakan hartanya itu naik karena properti yang dia miliki.

LHKPN Nurul Ghufron

Seperti dilihat di e-LHKPN pada akhir 2019, kekayaan Ghufron tercatat Rp 9,23 miliar. Jumlah kekayaan ini merupakan gabungan dari tanah dan bangunan hingga harta bergerak lainnya.

Selanjutnya dalam penyampaian laporan pada 28 Januari 2021 atau periode 2020, kekayaan Nurul Ghufron naik menjadi Rp 13,48 miliar. S

alah satu kenaikan kekayaan ini tampak dari tanah dan bangunan. Pada pelaporan periode 2019, Ghufron memiliki 12 aset tanah dan bangunan, mobil Suzuki Ertiga, Pajero, dan sepeda motor Honda Beat.

Sedangkan pada periode 2020, Ghufron memiliki 13 aset tanah dan bangunan, sepeda motor Honda Beat, dan Toyota Reborn. Ertiga dan Pajero milik Ghufron sudah tidak ada lagi.

Selain itu, pada periode 2019, Ghufron tidak memiliki surat berharga. Sedangkan pada periode 2020, ia memiliki surat berharga senilai Rp 500 juta.

Kenaikan kekayaan Ghufron ini tampak kentara pada kas dan setara kas. Dari periode 2019 sebesar Rp 982 juta menjadi Rp 2,7 miliar pada periode 2020.

“Perlu saya jelaskan aset saya kebanyakan properti tanah dan bangunan yang saya beli dari lelang negara, biasanya terhadap objek yang sudah lelang ke-3 atau harga likuidasi. Sehingga harga pembeliannya relatif murah, selanjutnya saya renovasi dan saya jadikan rumah atau kosan, kadang saya jual kembali setelah renov atau kadang saya renov untuk usaha kosan,” jelas Ghufron.

Ghufron kemudian mengatakan dia memiliki 3 kos-kosan di Jember, Jawa Timur. Dia menyebut kenaikan jumlah harta yang dia laporkan di LHKPN itu menyesuaikan bisnis properti yang dia miliki.

“Saya di Jember memiliki 3 lokasi kosan yang kamarnya total sekitar 70 kamar, masa COVID ini income-nya relatif turun tetapi dalam pelaporan LHKPN saya laporkan bukan saja sebagai harga pasar rumah. Namun saya laporkan sebagai rumah kosan yang nilainya bisa menjadi dua kali lipat dari harga belinya, sehingga kenaikan LHKPN tersebut karena penyesuaian nilai harta tersebut,” tuturnya.

Sebelumnya, Febri Diansyah mempertanyakan kenaikan kekayaan Ghufron dalam data LHKPN ini. Febri meminta Ghufron menjelaskan soal kenaikan kekayaan ini.

“Pak @Nurul_Ghufron apakah data ini benar dan bisa dijelaskan? Sebagai bagian dari Pencegahan Korupsi, ada baiknya Pimpinan KPK jadi contoh keterbukaan tentang asal-usul kekayaan berasal dari penghasilan sah,” kata Febri lewat akun Twitternya, @febridiansyah, Kamis (2/12).

Febri Diansyah menduga kekayaan Ghufron itu didapat bukan dari gaji di KPK. Dia membandingkan kekayaan Gufron saat masih menjadi Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember.

BACA JUGA: Waduh! KPK Bidik Edhy Prabowo Mantan Menteri KKP Dugaan TPPU

“Jika dilihat data e-lhkpn KPK yang bersifat terbuka ini, saat jadi Dekan, kekayaan @Nurul_Ghufron total Rp 6,7 m. Sampai saat ini sejak jadi Dekan dan selama jadi Pimpinan KPK, total kenaikan Rp 6,7 miliar. Dugaan saya, penambahan itu bukan hanya karena gaji di KPK. Tapi bisa faktor lain…,” lanjut Febri.

Febri mengatakan naiknya kekayaan Nurul Ghufron bisa disebabkan naiknya nilai pasar. Namun, ia meminta Ghufron menjelaskan hal ini.(sir/han)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed