Minggu, Januari 23, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsMetropolitanPPKM Level 3 Tak Jadi Diberlakukan Selama Nataru, Ini Aturan Perjalanan Terbaru

PPKM Level 3 Tak Jadi Diberlakukan Selama Nataru, Ini Aturan Perjalanan Terbaru

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Pemerintah akhirnya tak jadi menerapkan PPKM Level 3 seluruh Indonesia. Namun pemerintah mengeluarkan aturan perjalanan jarak jauh selama periode Natal dan Tahun Baru 2022.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Masyarakat yang hendak bepergian harus sudah divaksin COVID-19 dua dosis.

BACA JUGA : Pemerintah Akan Perketat Aturan Perjalanan Semasa Libur Akhir Tahun

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan masyarakat yang mau bepergian juga wajib menunjukkan hasil tes antigen negatif maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan.

“Untuk orang dewasa yang belum mendapatkan vaksinasi lengkap ataupun tidak bisa divaksin karena alasan medis, tidak diizinkan untuk bepergian jarak jauh,” kata Luhut dalam keterangan tertulisnya, Senin (6/12/2021).

BACA JUGA : Begini Lho Aturan Perjalanan Dinas KPK yang Ditanggung Penyelenggara

“Anak-anak dapat melakukan perjalanan, tetapi dengan syarat PCR yang berlaku 3×24 jam untuk perjalanan udara atau antigen 1×24 jam untuk perjalanan darat atau laut,” tambah Luhut.

Pemerintah juga memperketat aturan bagi pelaku perjalanan internasional. Penumpang dari luar negeri harus menunjukkan hasil tes PCR negatif maksimal 2×24 jam sebelum keberangkatan.

BACA JUGA : Maskapai, Usaha Piknik Tekan Inggris Longgarkan Aturan Perjalanan

Setiba di Indonesia, pemerintah mewajibkan orang yang datang dari luar negeri untuk melakukan karantina selama 10 hari.

Selain itu, pemerintah juga melarang seluruh jenis perayaan Tahun Baru di hotel, pusat perbelanjaan, mal, tempat wisata dan tempat keramaian umum lainnya.

BACA JUGA : Kamu Harus Tahu! Ini Aturan Perjalanan Terbaru Saat Libur Nataru

Untuk operasional pusat perbelanjaan, restoran, bioskop dan tempat wisata hanya diizinkan dengan kapasitas maksimal 75 persen dan hanya untuk orang dengan kategori hijau alias sudah divaksin lengkap di aplikasi PeduliLindungi yang bisa masuk.

“Sedangkan untuk acara sosial budaya, kerumunan masyarakat yang diizinkan berjumlah maksimal 50 orang. Disiplin penggunaan PeduliLindungi harus ditegakkan,” tutur Luhut.(han)

@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed