Rabu, September 28, 2022
BerandaNewsMetropolitanPemerintah Tetapkan Status Darurat PMK hingga Akhir Tahun

Pemerintah Tetapkan Status Darurat PMK hingga Akhir Tahun

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB menetapkan Status Keadaan Tertentu darurat Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Status ini berlaku mulai 29 Juni hingga 31 Desember 2022.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Penetapan ini tertuang dalam Keputusan Kepala BNPB Nomor 47 Tahun 2022 tentang Penetapan Status Keadaan Tertentu Darurat PMK.

BACA JUGA : Peternak di Sejumlah Daerah Ngeluh Sulit Dapat Obat PMK

Dalam keputusan itu, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan penyelenggaraan penanganan darurat pada masa Status Keadaan Tertentu Darurat PMK dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Penyelenggaraan penanganan darurat dilakukan dengan kemudahan akses sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan mengenai penanggulangan bencana,” ujar Suharyanto.

BACA JUGA : Ratusan Mahasiswa UB KKN di Magetan, Dekan: Mereka Kami Bekali Ilmu PMK

Keputusan ini juga mengatur bahwa kepala daerah dapat menentukan status keadaan darurat PMK untuk percepatan penanganan di daerah masing-masing.

Kemudian, segala biaya yang dikeluarkan sebagai akibat ditetapkannya keputusan tersebut akan dibebankan pada APBN, Dana Siap Pakai yang ada pada BNPB, dan sumber pembiayaan lainnya yang sah dan tidak mengikat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

BACA JUGA : BTT PMK Magetan Membengkak hingga Rp1,2 M, Kadisnakkan: Masih Dibahas

Sebelumnya, pemerintah juga telah membentuk satuan tugas (satgas) penanganan PMK. Satgas penanganan PMK terdiri atas pengarah dan tim pelaksana.

Tim pengarah dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Sementara tim pelaksana dipimpin oleh Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto.(lal)

BERITA KHUSUS

Enam Poktan Tembakau Situbondo Dapat Bantuan Kendaraan Roda Tiga, Ini Daftarnya

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Enam kelompok tani (Poktan) tembakau di Kabupaten Situbondo bakal mendapat bantuan kendaraan roda tiga. Bantuan itu berasal dari Dinas Pertanian...

BERITA TERBARU

Buka Pelatihan Guru, Bupati Gresik: Era Digital Numerasi dan Literasi Penting

NUSADAILY.COM - GRESIK - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani membuka pelatihan AdiRESy Matematika Smart Indonesia yang bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia...