Rabu, September 28, 2022
BerandaNewsMetropolitanKeren! Mahasiswa ITB Bikin Konsep Rumah Terapung, Bisa Jadi Solusi Banjir

Keren! Mahasiswa ITB Bikin Konsep Rumah Terapung, Bisa Jadi Solusi Banjir

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Banjir kerap terjadi khususnya bagi wilayah DKI Jakarta. Penyebabnya beragam, dari mulai turunnya permukaan tanah di Jakarta, perubahan iklim hingga kurangnya perawatan pada infrastruktur penahan banjir yang sudah ada.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA : Simak! Fakta Ilmiah Arapaima, Ikan Raksasa yang Terbawa Banjir Bandang di Garut

Muhammad Isa Tsaqif, mahasiswa jurusan Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB) merealisasikan desain perumahan apung tahan banjir yang lengkap dengan segala fasilitasnya. Desain tersebut diberi nama “Cilincing Flood Resilient Housing”.

Dikutip dari situs resmi ITB, Isa merupakan warga asli Jakarta. Dia menyadari ancaman banjir yang menghantui Ibu kota tiap tahunnya. Ditambah ada isu terkait tenggelamnya Jakarta di tahun 2050 mendatang, terlepas dari benar atau tidaknya perkiraan tersebut.

BACA JUGA : Main Banjir Rob, Bocah 6 Tahun di Gresik Dipatuk Ular

Isa merasa masih kurangnya pengambilan langkah riil untuk mencegah ataupun mengatasi krisis banjir, sehingga ia memutuskan untuk berbalik dan mencari jawaban atas masalah tersebut. Menurut Isa, hal yang paling relevan adalah mencari cara untuk hidup beradaptasi dalam genangan air tersebut.

Bangunan Apung

“Banyak bangunan apung yang sebenarnya sudah dibuat, namun selama ini bentuknya masih satuan. Dengan mencoba untuk merealisasikan konsep rumah padat mengapung di kala banjir, saya berharap dapat memberikan kontribusi perkembangan ilmu arsitektur dan pembangunan ke depannya,” papar Isa.

BACA JUGA : Kampung Naga Ditutup Sementara Usai Diterjang Banjir

Berdasarkan penelitian mahasiswa ITB tersebut, hampir seluruh kota daerah pesisir sebenarnya memiliki risiko kehilangan lahan tinggal karena perubahan iklim yang mengglobal. Dengan itu, Isa ingin membuka pikiran masyarakat.

“Dengan modal dan ilmu yang cukup, sebenarnya kita dapat memilih untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Bila kita terapkan adat ini, maka saya yakin hasil kerja saya dapat membantu masyarakat luas dalam menjalankan kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

BERITA KHUSUS

Enam Poktan Tembakau Situbondo Dapat Bantuan Kendaraan Roda Tiga, Ini Daftarnya

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Enam kelompok tani (Poktan) tembakau di Kabupaten Situbondo bakal mendapat bantuan kendaraan roda tiga. Bantuan itu berasal dari Dinas Pertanian...

BERITA TERBARU

Solois Muda Berbakat Aldiv Luncurkan Single Terbaru “Menanti”

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Solois Muda berbakat yang bernaung dalam label Dumeca Record, Aldiv merilis single terbarunya berjudul "Menanti". Lagu yang bercerita hubungan jarak...