Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaNewsMetropolitanBanyak yang Melanggar, Apa PSBB Tidak Berjalan Efektif?

Banyak yang Melanggar, Apa PSBB Tidak Berjalan Efektif?

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Baru berjalan sehari di Jakarta, metode Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) justru menunjukkan hasil yang tidak efektif. Tidak sedikit terjadi pelanggaran oleh para pengguna jalan. PSBB terlihat tidak direspon baik oleh masyarakat.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Sedikitnya, 81 kendaraan belum menerapkan jarak aman antar penumpang saat melintas di tol Jabotabek, pada hari pertama penerapan PSBB kemarin.

“Jasa Marga bersama Patroli Jalan Raya (PJR) mengawasi penerapan PSBB di beberapa akses pintu masuk di Jalan Tol Jasa Marga Group wilayah Jabotabek,” ujar Kepala Induk 1 PJR Ditlantas Polda Metro Jaya Bambang Krisnady dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 11 April 2020.

Lebih lanjut, PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersama kepolisian membuat cek poin di tiga lokasi, yakni akses Gerbang Tol (GT) Cikunir 2 Jalan Tol JORR, GT Tomang dan GT Kapuk Jalan Tol Dalam Kota Jakarta. PJR melakukan pemantauan terhadap penerapan PSBB, serta melakukan tindakan terhadap kendaraan yang terindikasi belum menerapkan jarak aman antar penumpang.

Di hari pertama pemberlakuan PSBB, total di tiga cek poin tersebut terdapat 81 kendaraan yang ditindak polisi. Kendaraan itu terdiri atas 17 bus, 41 kendaraan pribadi dan 23 truk yang belum menerapkan jarak aman antar penumpang.

Selanjutnya, operasi dilakukan dengan sasaran untuk sosialisasi dan edukasi, sehingga petugas mengedepankan pendekatan pencegahan, dengan memberikan informasi perlunya kewaspadaan terhadap virus korona.

Untuk itu, Bambang menuturkan upaya petugas adalah mengimbau masyarakat agar dapat mematuhi peraturan, terutama saat melintasi wilayah PSBB.

“Kami harap masyarakat dapat mematuhi pembatasan 50 persen kapasitas kendaraan, misalnya kapasitas kendaraan nonsedan yang sebelumnya enam sampai tujuh orang, sekarang yang diperbolehkan hanya tiga sampai empat orang,” jelasnya.

Selain itu, Bambang juga menambahkan, masih ada beberapa pengendara dan penumpang yang tidak menggunakan masker, sehingga pihak kepolisian juga turut membagikan masker. Pihak Jasa Marga juga mengimbau seluruh masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah agar tidak bepergian.

“Ini demi kepentingan bersama untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Masyarakat agar bekerja, belajar dan beribadah di rumah. Jika harus keluar rumah untuk hal-hal yang sifatnya darurat atau mendesak, maka wajib menggunakan masker,” pungkas Kepala Divisi Humas PT Jasa Marga Dwimawan Heru.(via)

BERITA KHUSUS

Peringatan HUT ke-77 RI Kota Pasuruan, Dari Upacara Bendera Hingga Bagi Akta Kelahiran

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Kota Pasuruan dilaksanakan pada Rabu, 17 Agustus 2022. Dimulai dengan Upacara peringatan...

BERITA TERBARU

Pulau Selebritis Terbakar, Fashion Star Armani Melarikan Diri ke Kapal Pesiar

NUSADAILY.COM – PANTELLERIA – Pulau ini sangat populer di kalangan selebriti, namun nahasnya kebakaran terjadi di pulai liburan Patelleria pada Rabu malam (17/08/2022). Banyak korban...