Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNewsMetropolitan419 Jemaah Berangkat Umrah, Dirjen PHU: Tunjukkan Indonesia Patuh Aturan

419 Jemaah Berangkat Umrah, Dirjen PHU: Tunjukkan Indonesia Patuh Aturan

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief, mewakili Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas melepas 419 Jemaah Indonesia yang akan menunaikan ibadah umrah dari asrama haji Pondok Gede Jakarta, Sabtu (8/1/2022).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Dalam kesempatan tersebut, Hilman Latief menyampaikan pesan Menag agar dapat mematuhi aturan di tanah air. Maupun peraturan di Arab Saudi kepada jemaah dan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

Baca Juga: Ibadah Umrah Dibuka Kembali 8 Januari

“Jaga kepercayaan Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi. Tunjukkan bahwa jemaah umrah Indonesia patuh pada aturan. Khususnya patuh protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Ingat, pandemi COVID-19 belum berakhir,” ucap Hilman saat membacakan sambutan Menag.

Selain itu, sesuai arahan Menag, pihaknya tengah memfinalisasi regulasi penyelenggaraan umrah di masa pandemic. Termasuk terkait integrasi sistem dengan pemerintah Arab Saudi. Ini dilakukan untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan perlindungan jemaah.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Arab Saudi Melejit, Umrah dan Haji Terancam Batal

“Proses verifikasi sertifikasi vaksin, tes kesehatan, karantina dan screening kesehatan dilaksanakan secara mudah, cepat, valid, akurat. Serta menjamin kepatuhan persyaratan yang telah ditentukan oleh kedua negara, Indonesia dan Arab Saudi,” kata Hilman.

Hilman juga menyampaikan terima kasih Menag kepada Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia. Atas dukungannya terhadap penyelenggaraan ibadah umrah kali ini.

Baca Juga: Saudi Mulai Ramadhan Beri Izin Umrah Bagi Jamaah yang Sudah Divaksin

“Kami menitipkan jemaah umrah Indonesia untuk mendapatkan pelayanan terbaik sebagai tamu Allah. Saudara sesama muslim dan pengunjung dua tanah suci,” ungkap Hilman.

Hilman menambahkan, ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Pemerintahserta kementerian/lembaga. Yang turut berpikir dan bekerja untuk suksesnya pemberangkatan jemaah umrah.

Baca Juga: 6 Tahun Menikah, Simak Kisah Cinta Uut Permatasari dengan Sang Suami

Dijelaskan, Persiapan penyelenggaraan melibatkan Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Perhubungan, Satgas COVID-19, Otoritas Bandara, serta BNPB.

“Semoga Allah meridai kita untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah umrah, serta bangsa dan negara,” tandasnya.

Baca Juga: Formappi: Puan Harus Minta Maaf soal Baliho Mejeng di Semeru, Hasto: Kritik Hal Lumrah

Hadir, Wakil Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Sulaiman, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid, Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi dan Haji Terpadu Jaja Jaelani, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Nur Arifin. (sir/ark)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Asyik Main Air Banjir, Bocah di Gresik Digigit Ular

NUSADAILY.COM – GRESIK  -  Ini peringatan bagi para orang tua agar menjaga anaknya saat bermain air. Karena ada kejadian saat sedang asyik bermain air...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily