Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaNewsJatim 316 Sapi Sembuh, Mobilitas Hewan Ternak Masih Dibatasi

[Update PMK Mojokerto] 316 Sapi Sembuh, Mobilitas Hewan Ternak Masih Dibatasi

NUSADAILY.COM – MOJOKERTO – Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Mojokerto telah merilis data update sebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Mojokerto.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Terbaru, per 24 Mei 2022, Disperta Kabupaten Mojokerto mencatat adanya peningkatan jumlah hewan ternak yang sembuh dari PMK, yakni sebanyak 316 ekor.

Sehingga total jumlah hewan ternak yang sembuh menjadi 995, yang terdiri dari 991 sapi dan 4 ekor kambing.

BACA JUGA: 52 Sapi Terjangkit PMK di Mojokerto Sudah Sembuh Total

“Jumlah hewan yang sakit ada 1.123, terdiri dari 1.117 sapi dan 6 kambing. Untuk jumlah yang sembuh 995, yang mati 30, dijual 16 ekor, dan yang dipotong paksa ada 14 ekor,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, Nurul Istiqomah, Selasa (24/5) petang.

Nurul menegaskan, pihaknya telah mengerahkan seluruh tim Disperta Kabupaten Mojokerto untuk melakukan penanganan wabah PMK ini.

“Tim kami sudah disebar di seluruh desa di Kabupaten Mojokerto untuk melakukan pengobatan dan melakukan langkah-langkah antisipasi terhadap hewan-hewan yang masih sehat agar tidak tertular PMK,” tegasnya.

BACA JUGA: Ini Daftar 15 Provinsi di RI yang Terjangkit PMK

Terkait langkah-langkah antisipasi, lanjut Nurul, Pemerintah Kabupaten Mojokerto bersama Forkopimda Kabupaten Mojokerto menerapkan pembatasan mobilitas hewan ternak.

“Selain enam pasar hewan ditutup sementara, pembatasan mobilitas hewan ternak juga kami lakukan dengan cara melakukan razia bersama Polres Mojokerto di perbatasan wilayah Kabupaten Mojokerto. Ini untuk mengantisipasi adanya lalulintas perdagangan hewan ternak lintas wilayah,” pungkasnya.(lna)

BERITA KHUSUS

Raih Penghargaan Program Inovasi Digital, Gus Ipul: Terus Layani Masyarakat dengan Cepat

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan meraih penghargaan kategori program Inovasi Digital pada ajang Merdeka Award 2022, Kamis (24/06). Wali Kota Pasuruan...

BERITA TERBARU

Wow! PSG Untung Rp 10,9 Triliun Berkat Lionel Messi

NUSADAILY.COM - PARIS - Lionel Messi memang gagal mempersembahkan trofi Liga Champions kepada Paris Saint-Germain. Meski begitu, PSG mendulang keuntungan yang amat besar berkat...