Minggu, Desember 5, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsJatimTeno Jabat Wali Kota Pasuruan, Langsung Ajukan Cuti 71 Hari

Teno Jabat Wali Kota Pasuruan, Langsung Ajukan Cuti 71 Hari

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM-SURABAYA- Raharto Teno Prasetyo langsung ajukan cuti 71 hari, pasca dilantik jabat Wali Kota Pasuruan, Senin (21/9/2020). Ya, ia adalah Wakil Wali Kota Pasuruan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Dilantik untuk meneruskan pemerintahan Kota Pasuruan 17 Februari 2016-17 Februari 2021.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA: Tim Gus Ipul Siapkan Berkas, Tim Teno Anggap Tak Penting Buka Riwayat Pendidikan

Gubernur melantik dan mengambil sumpah jabatan Raharto Teno Prasetyo, untuk menuntaskan masa jabatan 2016-2021 Walikota Pasuruan, di Grahadi Senin (21/9/2020).

Hal itu sesuai Kemendagri nomor 131.35-749 tahun 2020 tentang pengesahan penghentian Wali Kota Pasuruan Provinsi Jawa Timur.

Mendagri telah mengesahkan penghentian dengan tidak hormat, kepada Walikota Setyono, karena terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi.

Selanjutnya menunjuk Teno- Wakil Walikota Pasuruan untuk melanjutkan masa bakti 2016-2021 dan tugas sampai dengan pelantikan Walikota Pasuruan terpilih nantinya.

Selain itu, Teno juga berhak mendapatkan gaji pokok dan tunjangan lainnya, selain mendapat SK diberhentikan dengan hormat sebagai Wakil Wali Kota Pasuruan.

Khofifah Indar Parawansa, usai pelantikan mengatakan pengambilan sumpah dan pelantikan jabatan ini sampai 17 Februari 2021.

Sesuai Undang undang Pemilukada, Raharto Teno yang maju dan ikut kontestasi Pilwali Kota Pasuruan Desember 2020 mendatang itu, diberi aturan tanggal 26 September 2020 harus cuti.

“Surat pengajuan cutinya sudah kami tandatangani juga. Beliau ambil cuti di luar tanggungan negara selama 71 hari hingga 5 Desember 2020,” ujar Khofifah soal Teno dilantik jabat Wali Kota Pasuruan.

Teno Ikuti Pilwali Pasuruan

Pilwali akan digelar 9 Desember 2020, dan di hari tenang pada 6 Desember 2020 itu Teno bakal kembali memimpin Kota Pasuruan sesuai SK Pelantikan hari ini.

Khofifah berpesan proses masa jabatan pendek itu akan diamanahkan kepada Teno, sampai 17 Februari 2021.

“Kita berharap RKPD Pemkot Pasuruan dicek kembali, agar bisa berseiring dengan RKPD Provinsi dan RKP, sehingga RKPD itu segera dibreakdown karena RAPBD Kota Pasuruan akan dibahas DPRD Kota Pasuruan,” beber Khofifah dikutip induk imperiumdaily.com ini.

Gubernur Khofifah mengatakan Teno tetap akan melanjutkan seluruh program strategis untuk pengembangan Kota Pasuruan.

“Di sisa masa periodik dan tugasnya tetap akan menyiapkan kemajuan dan kesejahteraan dan dibahas dalam RAPBD dan RPJMD,” ungkap Khofifah.

Sekadar diketahui, Raharto Teno Prasetyo adalah Wakil Walikota yang mendampingi Setyono Wali Kota Pasuruan kala Pilkada 2015.

Namun Wali Kota Pasuruan Setyono, ini nonaktif setelah dituntut 6 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan atas kasus suap sejumlah proyek di lingkungan Pemkot Pasuruan.

Kini, pasca izin cuti maka tampuk pemerintahan akan dijalankan oleh Sekretaris Daerah, atau yang ditunjuk. Pada tanggal 6 Desember sampai 17 Februari 2021, Raharto Teno P, akan memimpin Kota Pasuruan, terpilih atau tidak terpilih di Pilwali 9 Desember 2020.(ima/cak)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR