Kamis, September 29, 2022
BerandaNewsJatimTemuan Miliaran Uang Baru di Exit Tol Mojokerto, Polisi Periksa 11 Saksi,...

Temuan Miliaran Uang Baru di Exit Tol Mojokerto, Polisi Periksa 11 Saksi, Termasuk Pegawai Bank

NUSADAILY.COM – KOTA MOJOKERTO – Terkait temuan uang baru senilai Rp5 miliar di dekat exit Tol Gedek, Mojokerto, pihak Penyidik Satreskrim Polresta Mojokerto yang menangani kasus ini, telah memeriksa sebanyak 11 orang saksi.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kasat Reskrim Polresta Mojokerto AKP Rizki Santoso mengungkapkan, dari 11 orang saksi yang diperiksa, 3 orang diantaranya merupakan pegawai salah satu bank milik negara di Bandung. Dimana, para pegawai ini merupakan pihak-pihak yang mengetahui keluar masuknya uang dari bank tersebut.

“Ada 11 orang yang diperiksa, 3 orang dari pihak bank, 2 orang vendor, dan saksi lainnya 6 orang,” kata Rizki, Sabtu (23/4/2022).

BACA JUGA: Gepokan Uang Baru Senilai Rp5 M Ditemukan di Exit Tol Mojokerto, Ini Penampakannya

Sebelumnya, Personel Samapta Polres Mojokerto Kota menemukan uang senilai Rp5 miliar saat tengah melakukan patroli di Gerbang Tol Gedeg.

Uang tersebut berada pada mobil Grandmax dengan nomor polisi (Nopol) D 8348 EY ke mobil Pajero Sport warna hitam dengan Nopol S 1210 XE.

Uang baru yang ditemukan sekira pukul 01.00 dini hari ini merupakan milik JE (29) warga Kabupaten Sidoarjo.

JE mengaku dibantu oleh oknum bank di Bandung untuk bisa menukarkan uang miliaran rupiah ke dalam pecahan receh sekaligus.

Uang ditukar dalam bentuk pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000 serta Rp. 20.000. Dalam kurun waktu selama Ramadan 1443 Hijriyah ini, JE sudah dua kali berhasil menukarkan uang dalam bentuk pecahan kecil itu di bank tersebut.

“Ada dugaan pelanggaran SOP yang terjadi pada proses penukaran ini,” ucap Rizki.

Dugaan tersebut dilandaskan dari batasan maksimal penukaran uang oleh Bank Indonesia (BI), yakni Rp 3,9 juta kepada setiap orang yang menukar uangnya dalam bentuk receh guna keperluan Lebaran.

BACA JUGA: Jasa Tukar Uang Baru di Kota Malang Mulai Buka Lapak

Selain itu, JE diduga kuat menjual belikan uang pecahan kecil yang berhasil ditukarkannya ke pihak lain. Yakni ke para pengecer di tepi jalan yang biasa menjamur saat Ramadan tiba. Dari transaksi itu, JE diduga mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Lantaran saat diamankan, petugas tak sengaja memergoki transaksi ‘jual beli’ uang pecahan receh yang dilakukan JE dan MS pengepul uang baru asal Mojokerto. Ketika itu MS hendak membeli uang baru pecahan kecil itu ke JE sebesar Rp 400 juta.

“Karena sebenarnya pihak yang berwenang mengelola dan menyebarkan uang adalah PJPUR (Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah) atau bank yang ditunjuk pemerintah,” tukas Rizki.

Kasus temuan uang Rp 5 miliar di sekitar exit Tol Gedek, Mojokerto itupun sudah naik ke penyidikan.(lna)

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Sepi Pengunjung, Begini Nasib Roy Sekarang di Citayam Fashion Week

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Roy yang dulu mejeng di Citayam Fashion Week saat ini hidup dalam kebingungan. Brand yang dulu menghubunginya untuk bekerja sama...