Kamis, Juni 30, 2022
BerandaNewsJatimSaksi Kasus Carding, Ruth Stefani Mengaku Dapat Tiket Hotel Semalam

Saksi Kasus Carding, Ruth Stefani Mengaku Dapat Tiket Hotel Semalam

NUSADAILY.COM-SURABAYA – Selebriti Awkarin dan Ruth Stefani memenuhi panggilan penyidik Polda Jatim, Kamis 5 Maret 2020. Keduanya datang ke Mapolda Jatim untuk diperiksa sebagai saksi kasus pembobolan kartu kredit atau carding.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Awkarin yang tiba terlebih dahulu di Mapolda Jatim sekitar pukul 09.20 WIB. Wanita berambut pendek ini enggan berkata banyak dan segera memasuki ruang penyidikan.

“Tolong jangan dulu ya,” ujarnya kepada wartawan.

Sedangkan, Ruth Stefani yang datang sekitar pukul 10.30 WIB mengaku dirinya datang sebagai saksi sesuai panggilan yang diterimanya dari Polda Jatim.

“Saya datang sebagai saksi. Saya memberikan saksi sesuai yang saya tahu,” ucapnya.

Untuk diketahui, Ruth diendorse para tersangka kasus pembobolan kartu kredit (carding) untuk membantu menjualkan tiket hotel di akun instagram @tiketkekinian. Namun ia menyatakan tidak mendapat bayaran.

“Iya diendorse. Saya membantu untuk tiket. Tawaran diberi voucher hotel, tapi tidak dibayar, mendapat fee atau semacam pembayaran jasa,” katanya.

Dia mengakui dari endorse tersebut, mendapatkan voucher menginap satu malam di hotel Malaysia. Namun ia tidak tahu jika penjualan tersebut didapat dari “carding”.

“Saya hanya mendapat voucher hotel satu malam di Malaysia. Ada kasus ini saya tidak tahu, karena diendorse sejak 2018 sebelum ada kasus ini,” ucapnya.

Sementara itu, Dirreskrimsus Mapolda Jatim Kombes Pol Gidion Arif Setyawan mengatakan hari ini dua artis diperiksa sebagai saksi yakni Awkarin dan Ruth Stefani.

“Hari ini yang terjadwal saudari Awk dan RS,” kata Gidion.

Dia menjelaskan rencananya pemeriksaan saksi ini soal endorsement tiket kekinian yang melibatkan Awkarin.

“Semua untuk mengonfirmasi keterangan tersangka terdahulu, kemudian bukti-bukti digital yang ada, terkait pembelian tiket melalui kartu kredit orang lain,” tuturnya.

Sebelumnya, penyidik Polda Jatim mengirimkan surat pemanggilan kedua kepada enam artis. Mereka akan diperiksa sebagai saksi kasus pembobolan kartu kredit atau carding.

“Kami sudah layangkan panggilan kedua ke Tyas Mirasih, Gisella Anastasia, Boy William, Jessica Iskandar, Awkarin dan Ruth Stefani,” ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jatim Kombes Pol Gidion Arif Setyawan pada Senin 2 Maret 2020 lalu.

Ia mengungkapkan, untuk Gisella dan Tyas Mirasih mengkonfirmasi akan hadir sebagai saksi pada Jumat, 6 Maret 2020. Keduanya masih memiliki kesibukan syuting di Jakarta.

Sedangkan, untuk Sarah Gibson, pihaknya mengaku belum mengirim surat panggilan.

Bobol Kartu Kredit

Kasus ini bermula dari akun instagram @tiketkekinian yang menawarkan promo tiket pesawat dan hotel. Namun ternyata tiket pesawat dan hotel didapatkan dengan melakukan pembelian melalui pembobolan kartu kredit orang lain.

Sejumlah figur publik terseret karena akun tersebut juga menggandeng artis-artis untuk mempromosikannya.

Dari kasus itu, Polda Jatim telah menangkap empat pelaku. Yakni Sergio Chondro, Mira Deli Ruby, Farhan Darmawan dan seorang lagi Meliana Kurniawan (MK).

Polisi juga menyita beberapa barang bukti seperti laptop atau komputer jinjing, telepon seluler dan rekening bank. (yos)

BERITA KHUSUS

Kabar Gembira! Internet Gratis Masuk RW, Wali Kota Pasuruan: Ada 68 Titik

NUSADAILY.COM – KOTA PASURUAN – Warga Kota Pasuruan kini semakin dimanjakan dengan layanan internet gratis. Tidak hanya sebatas pada ruang publik, seperti taman-taman kota,...

BERITA TERBARU

Bakal Dibatasi, Begini 4 Cara Beli Pertalite dan Solar Terbaru!

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite dan Solar akan diatur. Mereka yang berhak membeli Pertalite dan Solar subsidi...