Senin, November 29, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsJatimPemkot Batu Minta Bank Rela Pelaku Usaha Tunda Angsuran

Pemkot Batu Minta Bank Rela Pelaku Usaha Tunda Angsuran

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY. COM, KOTA BATU – Pemkot Batu menginginkan bank rela pelaku usaha menunda pembayaran angsuran utang Maret ini pada April nanti. Penundaan pembayaran angsuran utang tersebut sebagai imbas merebahnya virus corona hingga pelaku usaha turun omzet. Sayangnya, kebijakan Pemkot Batu tersebut belum diikuti daerah lain, misalnya Kota Malang.   

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Untuk penundaan membayar angsuran utang tersebut, Pemkot Batu sudah melakukan koordinasi dengan OJK Malang. OJK Malang selanjutnya melaporkan permintaan kebijakan tersebut dengan OJK pusat. ‘’Pemkot Batu sudah melakukan koordinas dengan OJK Malang terkait permintaan pelaku usaha, terutama UMKM bisa menunda pembayaran angsuran bank. Angsuran utang yang seharusnya dibayarkan Maret ini bisa ditunda sebulan sehingga dibayar April. Sedangkan angsuran April dibayar Mei dengan begitu seterusnya,’’ ungkap Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso.

Wakil Ketua Satgas Penanggulangan Bencana Non Alam dan Penanganan Percepatan Covid-19 Kota Batu ini menerangkan, kondisi perekonomian Kota Batu sedang lesu akibat wabah virus corona. Pelaku usaha di Kota Batu, selama ini banyak mengandalkan sektor pariwisata. Akibat mewabahnya virus corona, pariwisata mati suri karena objek wisata harus tutup.

‘’Misalnya pelaku usaha di kawasan alun-alun atau mereka yang memiliki stan di tempat wisata seperti Jatim Park. Omzet mereka turun drastis karena objek wisata tidak boleh buka sementara waktu. Wisatawan sepi sehingga omzet menurun dan mereka kesulitan membayar angsuran utang di bank,’’ tambah Ketua DPC PDIP Kota Batu ini.

Selain itu, Satgas juga banyak melakukan berbagai upaya pencegahan virus corona. Pencegahan itu antara lain penutupan tempat wisata, meliburkan siswa TK hingga SMP, pemantauan harga dan ketersediaan bahan pokok hingga mengusahaan percepatan bantuan sosial cair.

Sementara itu permintaan bank menunda anguran tidak dilakukan Pemkot Malang. Wali Kota Malang, Sutiaji meminta wartawan Nusadaily.com wawancara Kabag Humas terkait kebijakan penundaan angsuran tersebut. ‘’Tanya ke Kabag Humas saja,’’ ungkap Sutiaji.

Sedangkan Kabag Humas Pemkot Malang, M Nur Widianto menjelaskan, Pemkot Malang belum mengambil langkah ke arah sana. Itu karena masing-masing daerah memiliki kebijakan sendiri. Apalagi soal penundaan angsuran menjadi otoritas masing-masing bank.

Pemkot Malang, kata dia, juga tidak melakukan koordinadi dengan OJK. Hal itu juga mengacu pada Pemkot Malang yang belum mengambil kebijakan meminta perbankan menunda pembayaran angsuran utang untuk pelaku usaha karena omzet menurun. ‘’Belum, kami belum melakukan langkah itu,’’ ujar Wiwid, sapaan akrabnya. (wan)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR