Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita KhususLaunching Implementasi Digital ID, Gus Ipul: Azas Manfaat Sangat Penting dalam Setiap...

Launching Implementasi Digital ID, Gus Ipul: Azas Manfaat Sangat Penting dalam Setiap Program Pemerintah

NUSADAILY.COM – PASURUAN – Pencatatan data kependudukan di Indonesia terus mengalami peningkatan. Mulai dari KTP biasa beralih ke KTP Elektronik dan saat ini dilaunching Digital ID.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan identitas resmi seorang penduduk yang berisi informasi data diri, foto, tanda tangan, dan juga Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK ini sangat penting keberadaannya karena digunakan untuk mengakses berbagai layanan publik khususnya yang membutuhkan syarat-syarat administratif.

BACA JUGA: Percepat Informasi Kependudukan Warga, Gus Ipul Launching Aplikasi “Siap Pak RT”

ID Digital adalah KTP sekarang (KTP-El) dipindahkan ke dalam handphone berupa foto yang mempunyai QR Code yang nantinya bisa dibuka di handphone melalui aplikasi khusus.

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) secara resmi melaunching Implementasi Digital ID Kota Pasuruan, Senin (01/08/2022). Gus Ipul mengapresiasi Dispendukcapil Kota Pasuruan begitu banyak prestasi baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional dalam kategori pelayanan.

“Setiap ada prestasi kita berikan apresiasi dimana apresiasi itu ada dari lembaga yang berwenang dan juga apresiasi dari masyarakat yang merasakan manfaat dari layanan kita. Azas manfaat sangat penting dalam setiap program kegiatan pemerintah,” ujarnya.

BACA JUGA: Percantik Alun-Alun Kota, Pemkot Pasuruan Sosialisasikan Penataan Wisata Religi Terintegrasi

Dikatakan, beragam pelayanan publik kini dapat dinikmati langsung oleh masyarakat dengan tempat yang lebih luas dan nyaman.

Dalam waktu dekat, Dispendukcapil juga akan membuat drive thru layanan di MPP, Pemkot Pasuruan mendapatkan bantuan Anjungan dukcapil Mandiri (ADM) yang sudah dioperasikan di Mal Pelayanan Publik.

Gus Ipul mengharapkan Pemerintah Kota Pasuruan harus memperhatikan pembangunan infrastruktur yang berkualitas (face off) operasi wajah dibeberapa tempat, memperbanyak event yang berkualitas dengan mengajak masyarakat untuk berkreatifitas, dan yang terakhir meningkatkan layanan publik di Kota Pasuruan. (oni)

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Penemuan Perahu Kuno Kerajaan Powan di Sungai Andong Ngawi

NUSADAILY.COM – NGAWI – Warga menemukan sebongkah batang kayu yang diduga sebagai bangkai perahu kuno di sungai Andong Desa/Kecamatanan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Baca...