Kamis, Januari 27, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsJatimKebakaran Pabrik Pengolahan Kayu PT GRAPARI Kota Probolinggo, Kerugian Miliaran Rupiah

Kebakaran Pabrik Pengolahan Kayu PT GRAPARI Kota Probolinggo, Kerugian Miliaran Rupiah

NUSADAILY.COM – PROBOLINGGO – Kebakaran terjadi di pabrik pengolahan kayu PT Graha Papan Lestari (GRAPARI) yang berada di Jalan Prof. Dr. Hamka Kelurahan Kareng Lor, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo, Jumat (23/7/2021) sore.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kobaran api semakin besar lantaran tiupan angin cukup kencang. Hingga menghanguskan hampir 90 persen bangunan pabrik. Beberapa Unit Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) baik dari Pemkot, Pemkab Probolinggo serta swasta dikerahkan berjibaku memadamkan kobaran api yang membesar di beberapa titik.

BACA JUGA: Kasus Kebakaran Gedung BPOM Ditangani Satreskrim Polres Jakpus

Petugas Damkar dibantu karyawan serta warga kesulitan memadamkan api karena api yang sudah terlanjur membesar. Dibutuhkan waktu hingga tiga jam lebih, namun api belum sepenuhnya bisa terkendali.

Petugas Damkar disebar ke beberapa sisi dari berbagai arah serta menjebol dinding untuk menyemprot air. Agar serbuk kayu yang membara tidak berterbangan kearah permukiman warga yang terletak di utara pabrik.

BACA JUGA: Terjadi 3 Kali Kebakaran Dalam Sehari, Kerugian Hingga Ratusan Juta Rupiah

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut. Menurut Rofik (42) warga setempat, kebakaran diketahui sekitar pukul 15.00 WIB. Pertama saksi melihat api sudah membakar tumpukan kayu dekat blower tungku, kemudian merembet ke serbuk limbah kayu akibat angin yang bertiup kencang.

BACA JUGA: Diduga Korsleting Listrik, Gudang Kertas di Situbondo Hangus Terbakar

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini, namun kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah. Sementara, peristiwa kebakaran juga sempat membuat arus lalu lintas dari Surabaya menuju Jember dan Lumajang macet total dan arus dialihkan menuju dalam kota.(*/lna)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed