Rabu, Januari 19, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsJatimJika Tol Wisata Pasuruan-Batu-Kediri Segera Terealisasi, Indahnya Luar Biasa

Jika Tol Wisata Pasuruan-Batu-Kediri Segera Terealisasi, Indahnya Luar Biasa

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

NUSADAILY.COM – SURABAYA – Pembangunan jalan tol Sukorejo (Pasuruan) – Kediri lewat Kota Batu sudah direncanakan. Jika ini terealisasi, maka akan menjadi jalur tol yang full wisata di Indonesia. Betapi tidak di jalur ini ada seabrek pariwisata mulai dari Pasuruan, Kabupaten Malang, Kota Batu dan Kediri.

Kepala Dinas PU Bina Marga Jawa Timur, Gatot Sulistyo Hadi seperti dilansir dari jatim.tribunnews.com menjelaskan, jalur tol tersebut dinamakan Tol Wisata. Panjangnya  110 km terbentang mulai Sukorejo-Batu sepanjang 40 km. Berikutnya Batu-Kediri 70 km. “Itu sudah ada biaya investasinya kurang lebih Rp 21 triliun,” ujar Gatot, (29/6/20).

Menurut Gatot, yang akan dikerjakan terlebih dahulu adalah ruas Sukorejo-Batu, lalu pada tahap kedua Batu-Kediri. “Nantinya akan ketemu di IC (interchange) antara Kertosono-Kediri, menuju Bandara Kediri,” lanjut dia.

Jalan tol ini mempunyai banyak interchange (IC) di beberapa destinasi wisata. Mulai dari IC Taman Safari, IC Kebun Teh, IC Singosari, IC Batu Barat, IC Pujon, IC Selorejo, IC Kandangan, dan IC Papar.

Dengan adanya Tol Wisata ini diharapkan bisa meningkatkan aksesbilitas kawasan wisata di wilayah Gunung Arjuno koridor Sukorejo-Batu. Dan mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Bromo Tengger Semeru (KSPN BTS).

“Selain itu harapan kita pembangunan jalan tol Sukorejo-Kediri ini juga sebagai jalan alternatif dari jalan provinsi yang saat ini sering terjadi kemacetan ataupun jalan arteri yang juga rawan longsor serta waktu tempuh yang lama,” lanjutnya.

Dengan adanya Tol Wisata ini, masyarakat luar daerah bisa memilih untuk lewat Bandara Kediri atau Bandara Malang. “Tapi untuk masalah pembebasan tanah (Tol Sukorejo-Kediri) belum ada,” tuturnya.(aka)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily