Kamis, September 29, 2022
BerandaNewsJatimDPRD Magetan Dorong Pemkab Lebih Serius Tangani PMK: Ternak Penopang Ekonomi Rakyat

DPRD Magetan Dorong Pemkab Lebih Serius Tangani PMK: Ternak Penopang Ekonomi Rakyat

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Pemanfaatan Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Magetan tak kunjung terlaksana. DPRD setempat pun mendorong Pemkab Magetan, khususnya Dinas Peternakan, segera bertindak serius untuk menyelamatkan para peternak terdampak wabah tersebut.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Sekretaris Komisi B DPRD Magetan, Gaguk Arif Sujatmiko mengatakan, pemanfaatan BTT sudah berdasar SK Gubernur Jawa Timur soal darurat bencana wabah PMK.

“Jadi tunggu apa lagi? mengapa lambat pencairannya,” katanya saat menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Dinas Peternakan, Senin (20/06/2022).

BACA JUGA: Pencairan Dana PMK Magetan Belum Bisa Terlaksana, Tunggu Disnakkan Ajukan Perubahan Anggaran

Pemanfaatan BTT nantinya, lajutnya, juga jangan hanya normatif untuk pembelian obat saja. Tetapi juga untuk stimulan bagi peternak agar mandiri dalam menangani sapinya yang sakit.

“Belajar dari peristiwa Covid-19, uangnya ada belanja obatnya sulit. Untuk itu kami dorong jangan untuk pengadaan obat saja tetapi stimulan juga agar peternak bisa mendiri. Peternak dapat mandiri ilmunya tentunya dari dinas. Jika jumlah petugas minim kan bisa memanfaatkan teknologi, zoom misalnya dalam pemberian materi kepada peternak,” jelas Gaguk.

DPRD Magetan mendesak Pemkab Magetan lebih serius menangani PMK. Magetan sebagai salah satu sentra sapi di Jawa Timur butuh gerak cepat dan kesigapan seluruh elemen agar PMK tidak menimbulkan kerugian semakin parah bagi peternak.

BACA JUGA: Menanti Kedatangan Vaksin PMK, Bupati Magetan: Belum Ada Instruksi Lebih Lanjut

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Eks Bek MU Sarankan Harry Maguire Kunjungi Psikolog

NUSADAILY.COM - LONDON - Harry Maguire disarankan mengunjungi psikolog. Bek asal Inggris itu dinilai butuh bantuan untuk bisa bermain lebih baik. Maguire baru saja dikecam...