Kamis, September 23, 2021
BerandaNewsJatimDi Jember, Hampir Tiap Hari Ada Seorang yang Ditangkap karena Narkoba

Di Jember, Hampir Tiap Hari Ada Seorang yang Ditangkap karena Narkoba

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JEMBER – Dalam kurun waktu enam bulan atau 180 hari belakangan ini, terdapat 178 orang yang terlibat dalam 155 kasus penyalahgunaan obat-obatan terlarang di Kabupaten Jember.

Sebanyak 122 kasus hasil penanganan dari Satreskoba Polres Jember, dan 42 kasus merupakan buah pengungkapan oleh berbagai Polsek.

Berdasarkan data tersebut berarti, sejak Januari hingga Juni 2021 hampir selalu ada saja satu orang yang tertangkap oleh polisi lantaran terjerat perkara narkoba tiap harinya.

BACA JUGA: Pegiat Anti Narkoba Diringkus Polisi, Diduga Jadi Bandar Narkoba

Kasatreskoba Polres Jember AKP Dika Hadiyan Widya merinci, 76 orang tersangka diantaranya adalah yang terbelit dalam 64 perkara penyalahgunaan narkoba jenis sabu-sabu, ekstasi, ganja dan tembakau gorilla.

“Terdiri dari 72 tersangka pria, dan 4 tersangka wanita. Total barang buktinya, yaitu sabu-sabu seberat 252, 07 gram; ganja 2726,54 gram; tembakau gorilla 19,09 gram; dan 8 pil ekstasi 1,52 gram. Modusnya mereka mendapatkan narkoba dari bandar, lalu diedarkan secara bebas,” jelasnya, Kamis, 15 Juli 2021.

BACA JUGA: Kabupaten Jember Kembali Masuk Zona Merah Covid-19

Dika melanjutkan, sedangkan 91 perkara lainnya dengan 102 orang tersangka karena terjerat peredaran obat keras berbahaya. Tersangka merupakan 97 orang pria, dan 5 orang wanita.

- Advertisement -

“Barang bukti Okerbaya yang disita berupa Trihexyphenidyl 52.626 butir, dan Dextrometrophan 30.506 butir. Modus pelaku melalui pembelian online dan barang diterima melalui jasa paket pengiriman, selanjutnya diedarkan secara bebas,” urai Dika.

Pihak kepolisian tengah memproses kasus-kasus tersebut agar berlanjut ke tahap penuntutan oleh kejaksaan di pengadilan. Para tersangka tentu bakal menuai hukuman yang setimpal sesuai tingkat pelanggaran hukumnya.

“Kami pastikan tetap berkomitmen dan konsisten dalam pengungkapan kasus-kasus narkoba di Kabupaten Jember,” tegas Dika.

BACA JUGA: Miliki 19,29 Gram Narkoba, Warga Sumenep Diamankan BNNK

Kabag Humas Polres Jember, IPTU Brisan menyampaikan bahwa imbauan dari Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin untuk langkah antisipasi peredaran narkoba juga memerlukan keterlibatan masyarakat.

“Aparat penegak hukum terbatas, jadi butuh kesadaran warga untuk menjadi agen – agen pencegahan di lingkungan masing-masing,” sambung Brisan. (sut/lna)

AnyFlip LightBox Embed Demo

popular minggu ini

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Genjot Pelatihan Inkubasi, Pemkot Mojokerto Targetkan Bentuk Ribuan Wirausahawan Baru

NUSADAILY.COM - MOJOKERTO - Pemerintah Kota Mojokerto menargetkan ribuan pengusaha baru bakal terlahir di tengah pandemi COVID-19. Hal itu ditegaskan Wali Kota Mojokerto, Ika...