Senin, September 26, 2022
BerandaNewsAnggaran Pilkades Labuhanbatu Rp 3,5 M, Biaya Pengamanan Rp 1,2 M

Anggaran Pilkades Labuhanbatu Rp 3,5 M, Biaya Pengamanan Rp 1,2 M

NUSADAILY.COM – LABUHANBATU – Kepala Dinas PMD Kabupaten Labuhanbatu Abdi Jaya Pohan ST pagi tadi, Sabtu (13/08/2022) menggelar pertemuan dengan seluruh Pj Kepala Desa dan Ketua BPD se-Labuhanbatu. Pertemuan yang digelar di ruang rapat Kantor Dinas PMD tersebut, membicarakan tentang penyelenggaraan pemilihan kepala desa yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 November 2022 nanti. 

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Kita semalam dapat info dari WA group untuk rapat hari ini di kantor PMD. Isi rapat salah satunya membahas tentang anggaran pilkades bang,” kata salah seorang Pj Kades yang tidak bersedia ditulis namanya di pemberitaan. 

Menurut sumber, anggaran untuk Pilkades sebesar Rp 3,5 Miliar dianggarkan dari APBD Kabupaten Labuhanbatu. 

Namun, lanjutnya, biaya pilkades untuk 40 desa tersebut tidak mampu dengan angka sebanyak itu. Sehingga seluruh Pj Kepala Desa dipanggil untuk membahas masalah tersebut.

“Pak Kadis mengaku telah meminta kepada DPRD agar anggaran pilkades ditambah, tetapi oleh DPRD ditolak. Solusinya anggaran dari ADD yang akan diambil untuk penambahan biaya pilkades,” ujar sumber.

Ditanya, berapa besaran yang akan diambil dari dana ADD dan apakah nantinya ada kendala di desa, sumber mengatakan, dengan terserapnya dana ADD untuk pilkades, sudah pasti berpengaruh terhadap kegiatan di desa. 

“Kalau besaran angkanya Rp 20 – 30 juta yang akan diserap dari ADD bang, tentunya dana itu kita ambil dikit – dikit per item dari setiap kegiatan. Ya pasti ada kegiatan yang terkendala bang, tapi mau gimana lagi bang? Pak kadis sudah minta tambahan tapi tidak dikabulkan DPRD, ” terang sumber. 

Masih kata sumber, biaya terbesar dalam pelaksanaan pilkades untuk biaya pengamanan. Polres Labuhanbatu meminta biaya pengamanan pilkades sebesar Rp 1.2 Miliar. Sedangkan TNI dari Kodim 0209 Labuhanbatu hanya Rp 300 juta. 

“Biaya yang dihabiskan untuk kertas suara dan lainnya sebesar Rp 2 M. Sedangkan biaya pengamanannya sudah hampir sama besarnya,”ungkap sumber. 

Kepala Dinas PMD Kabupaten Labuhanbatu Abdi Jaya Pohan ST menjawab awak media ini membenarkan adanya rapat tersebut. 

“Iya bang, selain soal bahas anggaran kita juga memberi masukan kepada BPD untuk lebih memahami tupoksinya dalam penyelenggaraan pilkades,” akunya. 

Disinggung soal dana pengamanan, Abdi Jaya Pohan membenarkan anggaran Pilkades sebesar 3,5 Miliar. Besaran untuk biaya pengamanan dari kepolisian sebesar Rp1,2 M. Sedangkan untuk TNI hanya Rp 300 juta. 

Disoal dana ADD bakal terserap untuk pilkades, Abdi Jaya Pohan mengakui hal itu namun mengaku masih mengupayakan tetap ada tambahan dari APBD. 

“Kita sudah usul ke dewan bang, agar ada tambahan anggaran, tetapi oleh panggar (panitia anggaran) ditolak. Ya kita ambil dari ADD lah bang,” paparnya. (jok/wan)

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

Kronologi Kecelakaan Calya Tabrak Truk Boks Hingga 2 Penumpang Tewas

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Mobil Calya terbalik hingga menyebabkan dua orang penumpang meninggal dunia di Tol JORR Km 5+800. Kecelakaan itu berawal saat mobil...