Sebanyak 113 Oknum Polisi Dipecat di Tahun Ini, Mayoritas Karena Narkoba

  • Whatsapp
polri pecat 113 oknum polisi
Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono.(Ist)
banner 468x60

JAKARTA – Mabes Polri mencatat sepanjang Januari hingga Oktober 2020, sebanyak 113 oknum anggota polisi dipecat karena melakukan berbagai pelanggaran berat.

BACA JUGA: LGBT, Propam Polri Tindak Tegas Anggota

Baca Juga

Dari ratusan anggota Polri tersebut, mayoritas atau 80 persen, terseret kasus narkoba.

“Tindakan tegas polisi, oknum yang terlibat berbagai pelanggaran berat khususnya narkoba dipecat. Sepanjang Januari sampai Oktober ada 113 orang,” ungkap Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, di Jakarta, Senin 26 Oktober 2020.

Menurut Argo, oknum anggota Polri yang terlibat masalah hukum termasuk narkoba, ada yang sudah inkrah dan masih berproses di persidangan.

“Ada yang sudah inkrah keputusan pengadilan, dan ada yang masih berproses,” ujarnya.

Jenderal bintang dua itu menegaskan, Polri akan terus memberantas peredaran narkoba di Indonesia. Bahkan tidak segan menindak siapapun, termasuk anggota Polri yang terlibat.

“Komitmen Kapolri Jenderal Idham Azis sudah sangat jelas dan tegas. Oknum anggota yang terlibat harus dihukum mati, karena yang bersangkutan tahu undang-undang dan tahu hukum,” tutur Argo.

BACA JUGA: Mantan Danjen Kopassus Kembali Diperiksa Bareskrim Polri

Kasus teranyar seorang oknum perwira Polri berisial IZ, berpangkat Kompol di Riau terlibat dalam peredaran narkoba. Turut diamankan 16 kilogram sabu. Kompol IZ terancam dipecat dari Korps Bhyangkara.

Kompol IZ sebelumnya ditembak karena melarikan diri dengan menggunakan mobil bersama seorang rekan sesama kurir sabu berinisial HW (52).

Polisi saat itu memberondong mobil pelaku dengan senjata api. Akibatnya, oknum tersebut tertembak di bagian lengan dan punggung. (Via/Ian)