Hewan Kurban Serentak Disembelih di Hari Kedua Idul Adha Jakarta

  • Whatsapp
Penyembelihan hewan kurban di Jakarta. (huda/nusadaily.com)
banner 468x60

NUSADAILY – JAKARTA – Mayoritas penyembelihan hewan kurban dilakukan pada hari kedua perayaan Idul Adha, hal itu lantaran di hari pertama kemarin bertepatan dengan hari Jumat.

“Hari ini hewan kurban disembelih, kemarin waktunya nggak nutut,” ujar Kuntoro panitia kurban masjid Al Mukminin, Kemayoran kepada Nusadaily.com di Jakarta, Sabtu 1 Agustus 2020.

Baca Juga

Al Mukminin melakukan penyembelihan usai salat Idul Adha berupa 10 ekor Kambing dan 7 Sapi dari masyarakat. Begitu juga salat Idul Adha dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan meskipun jamaah membludak sampai ke jalan raya.

Berbeda dengan Masjid Istiqlal yang tidak menyelenggarakan salat Idul Adha 1441 H, tapi tetap melakukan penyembelihan hewan kurban. Masjid Istiqlal sudah menerima 20 ekor sapi dan 11 ekor kambing.

Wakasi Hubungan Masyarakat Istiqlal Abu Hurairah mengatakan, hewan kurban dipotong pada Sabtu 1Agustus. Ia menambahkan seperti tahun – tahun sebelumnya, Istiqlal tidak lagi membagikan daging melalui kupon daging kurban, karena untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

“Daging kurban ini akan langsung dibagikan kepada para mustahik (mereka yang berhak menerimanya). Seperti Yayasan Yatim Piatu dan lainnya,” tandasnya.

BACA JUGA: Masjid Kementan Persembahkan 12 Sapi Kurban

Ia menambahkan, pihaknya sudah memiliki daftar warga yang akan menerima daging kurban, dan akan diantar langsung petugas.

Sebelumnya, secara bergantian Menteri Agama Fachrul Razi dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi menyerahkan hewan kurban dari Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin untuk  Masjid Istiqlal, Jakarta.

Hewan Kurban dari Presiden dan Wapres

Jokowi menyerahkan sapi kurban jenis limoushin seberat 1,88 ton ke Masjid Istiqlal. Sedangkan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menyerahkan sapi jenis yang sama dengan beratnya 938 kilogram. Penyerahan dilakukan Kepala Biro Administrasi Satwapres Ucu kepada Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi. 

Kedua hewan kurban tersebut diterima langsung oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar di halaman masjid.

Bersamaan dengan itu, Fachrul Razi juga menyerahkan hewan kurban dengan jenis limoushin dengan berat 800 kg, termasuk Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo juga menyerahkan satu ekor sapi. (hud/lna)

Post Terkait

banner 468x60