Diterjang Banjir Bandang, Jembatan Dau Malang Tak Kunjung Diperbaiki

  • Whatsapp
Sejumlab watga Dau Kabupaten Malang memanfaatkan jembatan bambu karena jembatan beton rusak diterjang banjir bandang
banner 468x60

NUSADAILY.COM – KABUPATEN MALANG – Jembatan beton penghubung antara Desa Gading Kulon dan Selorejo di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang tak kunjungi diperbaiki. Padahal jembatan ambruk diterjang banjir bandang sejak Januari 2020 lalu. 

Jalan penghubung yang kini ambruk itu, dibangun di atas Sungai Metro. Jembatan dimanfaatkan warga dua desa yang mayoritas petani menuju ke lahannya.

"
"

Baca Juga

"
"

Sudah tujuh bulan lamanya jembatan beton yang ambruk tak kunjung diperbaiki oleh Pemkab Malang. Proyek itu dikerjakan pada Agustus 2019 lalu dengan nilai Rp 400 juta pada APBD 2019 lalu.

Karena mangkrak dan tak kunjung diperbaiki oleh Pemkab Malang, warga pun membuat jembatan alternatif dari material kayu dan bambu yang membentang di atas aliran Sungai Metro. 

Warga Dusun Krajan, Desa Selorejo, Dau, Wahyu Farid Wijaya menuturkan, warga dengan dibantu TNI berswadaya membangun jembatan bermaterial bambu dan kayu itu.  Meski dibilang tak layak dari sisi keamanan, para warga banyak yang melintas di jembatan itu. Karena akses itu mempersingkat jarak tempuh mereka ke ladang.

“Paling cepat lewat sini. Ada jalan lain tapi memutar cukup jauh. Sekitar 5 kilometer,” kata Wahyu dilansir Nusadaily.com.
Untuk melintas di atas jembatan darurat itu, para pengendara melintas secara bergantian. Menurut Wahyu, pengendara perlu berhati-hati, apalagi jika saat musim hujan karena cukup licin saat dilalui motor roda dua. Jembatan darurat itu dibuat sepanjang 10 meter dengan lebar 1,5 meter.

“Belum lagi penerangannya belum ada. Kalau malam gelap gulita,” imbuh dia.

Ia bersama warga lainnya berharap agar Pemkab Malang segera membangun kembali jembatan yang sebelumnya ambruk diterjang banjir bandang. Karena merupakan akses penting yang menghubungkan dua desa dan membantu warga dalam mengangkut hasil pertanian. (wok/wan)

Post Terkait

banner 468x60