Antisipasi Pohon Tumbang, Suku Dinas Pertamanan Jakarta Selatan Dirikan Posko

  • Whatsapp
pohon tumbang
Petugas PPSU Kecamatan Kebayoran Baru dan Tim Satgas Pohon Tumbang Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan mengevakuasi material pohon tumbang di Jalan Brawijaya III, Senin (25/1/2021) (ANTARA/HO-Kecamatan Kebayoran Baru)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan mendirikan Posko Pohon Tumbang di 10 kecamatan untuk antisipasi kejadian tumbangnya pepohonan saat musim hujan.

BACA JUGA: Cuaca Ekstrem di Mataram, 111 Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang Sejak November – nusadaily.com

“Selain itu, kita juga punya Posko Pohon Tumbang di Jalan Barito Kebayoran Baru,” kata Kepala Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan, Winarto, di Jakarta Selasa.

Winarto menyebutkan, pendirian posko ini sebagai langkah cepat untuk penanganan apabila ada kejadian pohon tumbang di wilayah, termasuk untuk perawatannya.

Selain menyiapkan sarana dan prasarana, lanjut Winarto, upaya lainnya adalah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang siap bertugas setiap ada kejadian.

BACA JUGA: Cuaca Ekstrem di Nusa Tenggara Timur Hentikan Produksi Teri – noktahmerah.com

Saat ditanya ada berapa jumlah pohon di wilayah Jakarta Selatan dan berapa jumlah pohon rawan tumbang, Winarto menyebutkan data tersebut ada di Pusat Data dan Informasi Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta.

Namun, berdasarkan data Januari 2020. Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan telah menangani 4.340 pohon yang tersebar di 10 kecamatan.

Dari 4.340 pohon tersebut, sebanyak 4.001 pohon dipangkas dan 339 ditebang.

BACA JUGA: Waspadai Cuaca Ekstrem, Laut Selatan Jawa Diprediksi Setinggi 2,8 Meter – imperiumdaily.com

Kejadian pohon tumbang dilaporkan terjadi Senin (25/1) kemarin di Jalan Brawijaya III Kelurahan Pulo, Kebayoran Jakarta Selatan, yang disebabkan karena hujan lebat.

Pohon jenis angsana tumbang menimpa sebuah sepeda motor milik pengemudi ojek daring hingga mengalami kerusakan cukup parah.

Oleh karena itu, tambahnya, memasuki musim hujan. Winarto mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi pohon tumbang dengan menghindari parkir kendaraan atau berteduh di dekat atau di bawah pohon.(ros)