TMP Bacakan Sumpah Pemuda di Lokasi Bersejarah Surabaya

  • Whatsapp
sumpah pemuda
Taruna Merah Putih usai tabur bunga dan pembacaan Sumpah Pemuda. (istimewa)
banner 468x60

SURABAYA – Taruna Merah Putih (TMP) Surabaya menggelar roadshow kebangsaan di beberapa lokasi bersejarah di Surabaya. Diantaranya makam WR Supratman, Rumah HOS Tjokroaminoto, dan Rumah Kelahiran Bung Karno.

Saat roadshow itu, TMP juga berkolaborasi dengan komunitas anak muda pegiat sejarah Asuro, untuk memperkaya informasi.

Baca Juga

“Momentum peringatan Sumpah Pemuda adalah momentum bersejarah untuk menggugah kebangkitan jiwa anak-anak muda untuk mengawal kepemimpinan di negeri ini. Untuk itu, TMP Surabaya ingin menjiwai api sejarah yang telah dikobarkan oleh para pahlawan,” ujar Ketua DPC TMP Surabaya Aryo Seno Bagaskoro.

BACA JUGA: Refleksi Hari Sumpah Pemuda, Hendy dan Gus Firjaun Bilang Begini

Lokasi Makam WR Soepratman dipilih sebagai lokasi pertama untuk mengenang dimainkannya lagu Indonesia Raya pertama kali di Kongres Pemuda II.

Di lokasi ini TMP mengadakan doa bersama, tabur bunga, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya di lapangan.

Lokasi kedua di kawasan masa kecil Bung Karno di Kampung Peneleh, TMP mendatangi rumah kelahiran Bung Karno dan Rumah HOS Tjokroaminoto.

Di Rumah HOS Tjokroaminoto, TMP mengadakan pembacaan Sumpah Pemuda, wujud peringatan hari Sumpah Pemuda Rabu, 28 Oktober 2020.

BACA JUGA: Ini Makna Logo Baru Hari Sumpah Pemuda 2020 yang Diluncurkan Kemenpora

“Lokasi Kampung Peneleh kami pilih sebagai lokasi pembacaan Sumpah Pemuda, karena tempat awal Bung Karno tumbuh kembang puspawarna gagasannya untuk bangsa. Bermula dari kampung ini, Bung Karno menjadi pemimpin muda avant garde yang berhasil menyatukan bangsa. Kami terinspirasi dari kepemimpinan anak-anak muda yang selalu berhasil menjadi lokomotif perubahan di masanya,” ujar Seno.

Mereka ingin membangun masa depan dengan penuh gagasan anak-anak muda. Momentum Sumpah Pemuda menjadi suplemen yang mendorong untuk terus memperjuangkan kepemimpinan anak-anak muda yang visioner, berjiwa gotong royong, dan toleran di Kota Pahlawan,” tambah Seno.(ima/lna)

Post Terkait

banner 468x60