Sabtu, November 27, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaJatimPolisi Tangkap Penjual Burung Dilindungi di Sidoarjo

Polisi Tangkap Penjual Burung Dilindungi di Sidoarjo

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – SIDOARJO – Satreskrim Polresta Sidoarjo, Jawa Timur berhasil menangkap tersangka berinisial M (48) warga Desa Sidorejo Kecamatan Krian. Penjual satwa yang dilindungi bersama barang buktinya.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Ia diringkus pada 12 Oktober 2021 kemarin, dengan barang bukti yang diamankan burung Cendrawasih, burung Betet dan burung jenis Nuri Bayan.

“Dari pengakuan tersangka, jual beli satwa ini sudah selama kurang lebih 3 tahun, Burung yang dijual semua endimik dari Papua,” kata Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro saat ungkap kasus di Mapolresta, senin (18/10/2021).

Kusumo menceritakan, berdasarkan pengakuan dari tersangka M. Ia membeli satwa tersebut dari seseorang, yang mana transaksinya dibawah jembatan Suramadu.

Selanjutnya satwa tersebut disimpan dirumah kontrakan tersangka, sambil menunggu laku lantaran ia menjual melalui online dengan harga yang bervariasi.

“Kalau burung cendrawasih, di jual 4 jutaan, ada yang 2,5 juta dan 1,5 juta. Uangnya digunakan untuk kebutuhan biaya hidup sehari-hari,” ungkapnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka ini dijerat Pasal 40 ayat (2) Jo Pasal 21 ayat (2) huruf a dan c UU Nomor 5 Tahun 1990, tentang tumbuhan dan satwa yang dilindungi dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara dan/atau denda Rp100 juta. (ful/aka)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR