Senin, Agustus 15, 2022
BerandaJatimKomitmen untuk Dengar Aspirasi Masyarakat, Kapolri Gelar Lomba Orasi Unjuk Rasa

Komitmen untuk Dengar Aspirasi Masyarakat, Kapolri Gelar Lomba Orasi Unjuk Rasa

NUSADAILY.COM-SURABAYA-Salah satu Komitmen Polri ialah siap mendengar dan menghargai aspirasi masyarakat, hal ini sesuai dengan amanat UUD 1945 dan UU Nomor 9 Tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Dalam mengimplementasikan komitmen tersebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggelar lomba orasi unjuk rasa yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia salah satunya di Polda Jatim yang di gelar pada, Minggu (5/12/2021) di Lapangan Mapolda Jatim.

Selain menjadi salah satu bukti komitmen Polri, lomba orasi unjuk rasa yang merebutkan piala Kapolri ini juga sekaligus dalam rangka untuk memperingati Hari Hak Asasi Manusia Sedunia Tahun 2021.

Seluruh unsur elemen masyarakat pun boleh ikut dalam lomba ini. Mulai dari mahasiswa, buruh, tani dan elemen lainnya. Lomba ini terdiri dari 1 tim yang bisa berisikan 5-15 orang.

Lomba untuk Memberikan Ruang bagi Masyarakat

AKBP Cecep Susatya, selaku ketua panitia lomba orasi piala kapolri di tingkat Polda Jatim mengatakan, lomba ini bertujuan untuk memberikan ruang bagi masyarakat dalam menyampaikan aspirasi sekaligus edukasi ke masyarakat bagaimana berorasi dalam unjuk rasa yang baik dan benar.

Kemudian, tema yang diusung pada lomba tahun ini ialah Hak Asasi Manusia. Sedangkan, subtemanya bersifat bebas. Pada tim yang mengikuti lomba di Polda Jatim ada yang membawakan tema terkait Kekerasan Seksual, Ekspliotasi Alam, Mengungkap Kasus Pelanggaran HAM di masa lalu dan lain sebagainya.

Lomba orasi di tingkat Polda Jatim ini sebelumnya telah di ikuti sebanyak 41 tim peserta pendaftar dari berbagai daerah di wilayah Jawa Timur, namun hanya 10 tim yang lolos seleksi dan mengikuti lomba di tingkat Polda Jatim.

“Total ada 41 pendaftar. Kemarin tanggal 4 sudah kita seleksi menjadi sepuluh besar, dan hari ini 10 besar itu tampil di Mapolda Jawa Timur untuk melaksanakan kegiatan lomba. Untuk dipilih 3 juara. Juara 1, 2, dan 3,” jelas Cecep.

Sementara, Prof. Suko Widodo selaku juri dalam lomba orasi unjuk rasa piala kapolri tingkat Polda Jatim juga menjelaskan, dalam penilaian lomba orasi tersebut, yang dinilai dalam lomba ini yaitu muatan pesan dan teknik komunikasi, untuk muatan pesan yang dinilai adalah bagian logika , argumentasi dan kejalasan pesan dan yang kedua adalah teknik komunikasi yang membuat orang tertarik. (als/aka)

BERITA KHUSUS

Gebyar Merah Putih, Pemkot Malang Pasang Belasan Ribu Bendera

NUSADAILY.COM – KOTA MALANG – Apel pagi jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kental dengan nuansa kebangsaan, Senin (15/8/2022). Pasalnya, pada momen tersebut turut dilangsungkan...

BERITA TERBARU

Diduga Sopir Mabuk, Truk Boks Hantam Empat Rumah di Gresik

NUSADAILY.COM – GRESIK – Sebuah truk membuatWarga Desa Cangkir, Kecamatan Driyorejo, Gresik, kaget, Senin (15/8/2022) pukul 00.15 WIB. Baca Juga: Pengemudi Diduga Mabuk, Mobil Masuk...