Senin, Januari 24, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaInternationalMenlu AS akan Kunjungi Indonesia pada Pertengahan Desember

Menlu AS akan Kunjungi Indonesia pada Pertengahan Desember

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken akan berkunjung ke Indonesia pada 13-14 Desember 2021.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Ini akan mengawali interaksi tingkat tinggi yang semakin meningkat antara Indonesia dan Amerika Serikat dalam konteks kemitraan strategis kedua negara,” kata Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI Ngurah Swajaya kepada wartawan di Jakarta, Senin.

BACA JUGA: Kasus Covid Tinggi, Jerman Lockdown Warga Belum Vaksin

Selama kunjungan Blinken, akan ada beberapa proyek kerja sama yang dikomunikasikan di antara kedua negara.

Blinken dijadwalkan menyampaikan pidato kebijakan khususnya terkait strategi AS di Indo-Pasifik. Pidato ini berkaitan dengan sejumlah isu seperti kesehatan, kerja sama ekonomi dan investasi, infrastruktur, serta iklim.

BACA JUGA: Menhan AS: Penerbangan Militer China Dekat Taiwan Seperti ‘Latihan’

“Blinken akan pertama kali melakukan kunjungan ke Indonesia, sebelum melanjutkan ke negara ASEAN lainnya,” tutur Ngurah.

Berselang dua hari setelah kunjungan Menlu AS Blinken, Perwakilan Dagang AS Katherine Tai juga akan berkunjung ke Jakarta untuk melakukan pertemuan terkait perdagangan dan investasi dengan Indonesia.

BACA JUGA: AS Identifikasi Kasus Pertama COVID-19 Omicron

Menurut Ngurah, kunjungan beberapa perwakilan penting pemerintah AS ke Indonesia menunjukkan hubungan bilateral yang semakin erat.

Presiden RI Joko Widodo selama ini selalu berpartisipasi dalam setiap inisiatif yang diselenggarakan oleh Presiden AS Joe Biden, di antaranya 2021 Leaders Summit on Climate pada April lalu dan Global COVID-19 Summit pada November.

BACA JUGA: Partai Pejuang Minta Paspor Istri Najib Razak Disita

Pada 9-10 Desember mendatang, Presiden Jokowi juga diundang untuk menghadiri Summit for Democracy yang diinisiasi pemerintah AS guna mempertemukan para pemimpin, masyarakat sipil, dan sektor swasta untuk menetapkan agenda pembaruan demokrasi.

KTT tersebut juga dimaksudkan untuk mengatasi ancaman terbesar yang dihadapi demokrasi saat ini melalui aksi kolektif.(mic)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed