Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaFoodWow! Ternyata Konsumsi Potasium Baik untuk Jantung Wanita

Wow! Ternyata Konsumsi Potasium Baik untuk Jantung Wanita

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Wanita yang makan lebih banyak pisang, alpukat atau salmon, misalnya, terlalu banyak mengkompensasi asupan garam makanan mereka dan melindungi jantung mereka. Ini adalah hasil penelitian Belanda berdasarkan data Inggris, yang diterbitkan di jurnal spesialis European Society of Cardiology (ESC/European Heart Journal).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Baca Juga : Ngeri! Tak Hanya Menular Lewat Seks, Cacar Monyet Bisa Menular Melalui Kontak Fisik Dekat

Pemimpin studi Liffert Vogt dari Pusat Medis Universitas Amsterdam seperti dikutip dalam siaran oleh ESC mengatakan, Saran normal berfokus pada pengurangan asupan garam, tapi itu sulit.

Ketika makanan kita termasuk makanan olahan dll. Kalium, di sisi lain , mendukung peningkatan ekskresi natrium dalam urin

. “Sudah diketahui bahwa asupan garam tinggi terkait dengan tekanan darah tinggi dan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke,” ujarnya.

Dalam penelitian tersebut, asupan kalium dan potasium pada wanita dikaitkan dengan ‘peningkatan kesehatan’ terbesar.

Ternyata, bagi wanita yang lebih banyak mengonsumsi potasium dari buah, sayur dan ikan jelas menurunkan tekanan darah.

Baca Juga :Tunjungan Fashion Week, NU-Muhammadiyah: Fenomena ‘Tulang Lunak’ Resahkan Surabaya

 Satu gram lebih banyak kalium per hari menghasilkan 2,4 mmHg tekanan darah sistolik lebih rendah. Tidak ada asosiasi seperti itu ditemukan pada pria.

Korelasi antara kalium dan kejadian kardiovaskular tidak tergantung pada asupan garam. Oleh karena itu kalium harus memiliki efek tambahan selain mempromosikan peningkatan ekskresi garam.

Kalium ditemukan  dalam buah, sayuran, kacang-kacangan, kacang-kacangan, produk olahan susu dan ikan. (jrm2/lna)

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Penemuan Perahu Kuno Kerajaan Powan di Sungai Andong Ngawi

NUSADAILY.COM – NGAWI – Warga menemukan sebongkah batang kayu yang diduga sebagai bangkai perahu kuno di sungai Andong Desa/Kecamatanan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Baca...