Vietnam Punya Sejarah Perang yang Mengerikan

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY.COM-MALANG- Vietnam punya sejarah perang yang panjang dan mengerikan. Terutama dalam Perang Vietnam yang juga disebut Perang Indocina Kedua, yang terjadi antara 1957 dan 1975 . Seperti disadur dari Wikipedia, perang ini merupakan bagian dari Perang Dingin antara dua kubu ideologi besar, yakni Komunis dan SEATO.

Dua kubu yang saling berperang adalah Republik Vietnam (Vietnam Selatan) yang dibantu oleh ). Amerika Serikat, Korea Selatan, Thailand, Australia, Selandia Baru dan Filipina melawan Vietnam Utara yang didukung oleh Uni Soviet, Tiongkok, Korea Utara, Mongolia dan Kuba yang berhaluan komunis.

Baca Juga

Tak tanggung-tanggung jumlah korban yang meninggal diperkirakan lebih dari 280.000 jiwa di pihak Vietnam Selatan dan lebih dari 1.000.000 jiwa di pihak Vietnam Utara. Perang yang sangat bersejarah ini meninggalkan trauma mendalam bagi sebagain warga Negara tersebut.

Perang ini juga mengakibatkan eksodus besar-besaran warga Vietnam ke negara lain, terutamanya Amerika Serikat, Australia dan negara-negara Barat lainnya, sehingga di negara-negara tersebut bisa ditemukan komunitas Vietnam yang cukup besar.

Berakhirnya perang ini, kedua Vietnam tersebut pun bersatu pada tahun 1976 dan Vietnam menjadi negara komunis. Setelah Vietnam bersatu kini menjelma menjadi salah satu kekuatan di Asia Tenggara. Termasuk kekuatan di dunia olehraga. Vietnam mampu menggeser dominasi Thailand di Sea Games 2019 ini. (aka)