Supriyadi Menteri Keamanan Pertama yang Tidak Pernah Dilantik Karena Menghilang

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY.COM – Supriyadi adalah figur pemimpin yang hebat meski ketika itu usianya baru 20 an tahun. Sebenarnya pada tanggal 6 Oktober 1945, saat pemerintahan Indonesia didirikan, Supriyadi mendapatkan satu tempat sebagai menteri.

Bung Karno memberinya sebuah jabatan berupa Menteri Keamanan Rakyat. Namun beberapa hari berselang Supriyadi tak jua muncul hingga akhirnya jabatan ini diberikan kepada Imam Muhammad Suliyoadikusumo.

"
"

Baca Juga

"
"

Pada waktu itu Sukarno sudah sangat percaya dengan jiwa nasionalisme dan semangat Supriyadi. Bahkan dialah inisiator pemberontakan melawan pendudukan Jepang. Waktu itu dia tidak asal memberontak, tetapi ada latar belakang kemanusiaan yang berkecamuk di dalam dadanya.

Ketika itu, ia bertugas menjadi pemimpin gerakan ini di Blitar. Selain jadi pentolan PETA, Supriyadi juga bertugas menjadi pengawas romusha atau pekerja yang dipaksa membangun jalan, dan benteng di Blitar.

Melihat saudara sebangsa sendiri yang selalu dipaksa, bahkan kadang tak diberi makan dengan layak hingga banyak yang mati, Supriyadi jadi geram dan marah besar. Akhirnya ia memutuskan untuk merencanakan sebuah gerakan pemberontakan.

Meskipun pemberontakan itu gagal dan beberapa teman Supriyadi ditangkap dan dihukum mati, tetapi anak bangsa ini mencatatat bahwa langkah Supriyadi adalah keberanian besar dari seorang pemuda yang berumur 20 tahunan yang tidak rela bangsanya diinjak injak oleh bangsa asing. Maka demi kehormatan bangsanya dia pertaruhkan nyawanya. (aka)

Post Terkait

banner 468x60