Senin, Oktober 18, 2021
BerandaCultureSampai Saat Ini Orang Blitar Banyak yang Percaya Supriyadi Masih Hidup

Sampai Saat Ini Orang Blitar Banyak yang Percaya Supriyadi Masih Hidup

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM-BLITAR– Banyak hal aneh dan misterius terkait hilangnya pahlawan nasional Supriyadi hingga sekarang. Beberapa orang lokal Blitar mengatakan jika ia hilang di Gunung Kelud dan tak pernah kembali.

Ia menyatu dengan alam hingga tentara Jepang tak dapat menangkapnya kembali. Orang-orang di Blitar juga ada yang masih percaya jika Supriyadi saat ini mungkin masih hidup dan berbaur dengan masyarakat di lereng Gunung Kelud.

Hal berlawanan justru diungkapkan oleh Ki Utomo Darmadi. Ia adalah adik tiri dari Supriyadi yang merupakan anak Raden Darmadi, Bupati Blitar zaman kemerdekaan. Utomo mengatakan jika Supriyadi mungkin sudah tewas dibantai tentara Jepang. Ia juga yakin jika Supriyadi tidak punya ajian atau ilmu untuk menghilang.

Kisah hilangnya Supriyadi masih berlanjut. Seorang kepala Desa Sumberagung, Blitar mengatakan jika ia pernah menyembunyikan Supriyadi selama beberapa hari. Lalu berlanjut ke persembunyian Supriyadi di gua dekat air terjun Sedudo Nganjuk.

Pada Maret 1945, seorang warga Jepang bernama Nakajima yang dulu guru Supriyadi juga mengakui didatangi Supriyadi untuk menyembunyikannya. Namun hal itu tak berselang lama hingga Supriyadi pamit dan pergi ke Banten Selatan untuk bersembunyi.

DIkutip dari boombastis.com, seorang tokoh di Bayah, Banten Selatan mengatakan pernah merawat pemuda yang kena disentri. Namun sayang ia meninggal. Diduga pemuda itu adalah Supriyadi. Tokoh Bayah bernama H Mukandar itu kaget saat ditunjukkan foto Supriyadi. Ia menyakini jika pemuda dalam foto adalah si pemberontak dari Blitar.

Wacana hidup dan matinya Supriyadi memang tak ada habisnya. Meski demikian ia telah dianugerahi sebagai Pahlawan Nasional pada tahun 1975. Jasanya yang besar hingga membuat banyak pasukan PETA memberontak membuat ia patut dihargai.

Meski hilangnya Supriyadi masih jadi misteri, ia tetaplah pahlawan Indonesia. Ia nyata dan berjuang mati-matian untuk kemerdekaan NKRI. (aka)

- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Puluhan Pedagang di Pasar Mangaran Ikut Sosialisasi Bahaya Jual Rokok Ilegal

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Situbondo bersama Bea Cukai Jember menggelar sosialisasi bahaya menjual rokok ilegal, Senin, 18 Oktober 2021....