Misteri Pendopo Kabupaten Malang yang Dibangun Tahun 1800 an

  • Whatsapp
Pendopo Kabupaten Malang
Pendopo Kabupaten Malang tempo dulu.
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Pendopo Kabupaten Malang dan Rumah Dinas Bupati Malang ini dikenal wingit alias angker. Karena pendopo yang dibangun tahun 1800 an itu menjadi saksi sejarah panjang perjalanan pemerintahan di Malang Raya.

Sampai saat ini, bangunan yang ada di Jalan Agus Salim Kota Malang itu masih dipakai. Meskipun konon banyak cerita mistis yang tersebar dari mulut ke mulut para pegawai Pemkab Malang.

Baca Juga

Soal cerita misteri itu, sampai sekarang pun masih dipercaya seperti itu. Misalnya ada cerita munculnya penampakan yang menyebar di kalangan pegawai Pemerintah Kabupaten Malang. Kejadian-kejadian aneh itu bahkan konon tak hanya terjadi di malam hari, tetapi juga di siang hari.i

Menurut informasi, ada satu ruangan di gedung yang berada di belakang pendopo. Bahkan para bupati juga tidak ada yang berani membuka pintu salah satu ruangan tersebut. Konon katanya jika ada yang berani membuka pintu tersebut akan mendapatkan masalah. Sehingga meski Bupati Malang telah berganti ganti satu ruangan tersebut tidak pernah dipakai.

Selain itu di ruangan kantor salah satu gedung tua tersebut konon menjadi pusat aktivitas supranatural di kawasan pendopo. Sehingga banyak kejadian aneh yang sering dijumpai oleh pegawai Satpol PP Pemkab Malang yang berjaga malam hari. Misalnya ada yang mengaku melihat penampakan pocong yang muncul di depan ruangan. Lalu ada juga yang mendengar suara-suara aneh, seperti suara langkah kaki manusia yang sedang berjalan di tangga.

Malam-Malam Ada Telpon Berdering, Diangkat Tidak Ada Suara

Suatu ketika ada pegawai yang lembur malam hari sendirian di ruangan. Tiba-tiba telepon kantor berdering. Spontan dilihatnya telepon itu berasal dari nomer salah satu pesawat telepon di ruangan lain. Namun, ketika diangkat tidak ada suara. Dipikirnya, mungkin telepon sedang mengalami gangguan. Karena merasa mungkin ada hal yang penting, maka diputuskannya untuk menuju ke ruangan di mana nomer telpon tersebut berasal.

Tetapi sesampainya di sana, ternyata tidak ada orang sama sekali. Ia pun buru-buru pulang dan kapok untuk lembur malam lagi.

Cerita lain, suatu siang salah seorang pegawai melihat sosok kakek sedang duduk di salah satu anak tangga. Namun, ketika ia bertanya kepada rekannya yang sama-sama berjalan menuruni tangga, sang teman mengaku tidak melihat apapun.

Menurut cerita ruangan yang terkenal angker di kompleks Pendopo Kabupaten Malang adalah ruang BKD Dinas Pendapatan. Ruangan ini terletak di bagian timur pendopo. Konon, dahulu ruangan ini dijadikan museum tempat menyimpan barang-barang kuno.

Jadi bagi yang suka uji nyali terhadap hal-hal gaib bisa mencoba mendatangi kawasan pendopo di malam hari. Apakah cerita-cerita itu benar atau tidak.

Sementara itu, pendopo dan rumah dinas bupati itu kini sebagai bangunan cagar budaya. Hal itu untuk melestarikan bangunan yang menyimpan nilai sejarah itu. “Pendopo dan Rumah Dinas Bupati Malang masuk dalam kriteria cagar budaya sesuai undang-undang dan Perda Cagar Budaya.

Meski merupakan aset Pemerintah Kabupaten Malang, penetapan cagar budaya dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang karena lokasinya berada di Kota Malang, yakni di Jalan Agus Salim. (aka)

Post Terkait

banner 468x60