Lakon Mistis Hantu SMA Tugu Kota Malang (1/Bersambung)

  • Whatsapp
Ilustrasi. Nusadaily.com
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Kompleks SMA Tugu Kota Malang adalah sebuah kompleks gedung sekolahan SMAN 1 Malang, SMAN 3 Malang, dan SMAN 4 Malang. Konon katanya, bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1931 menyimpan banyak misteri yang membuat bulu kuduk berdiri.

Gedung tersebut dulunya dirancang oleh Ir. W. Lemei dan selesai dibangun pada tahun 1931. HBS (Hoogere Burger School) bermakna Sekolah Tinggi Warga Negara, yaitu Sekolah Menengah Belanda. Sedangkan AMS (Algemeene Middelbare School) merupakan Sekolah Menengah Umum.

Baca Juga

Pada saat sekarang, gedung itu digunakan sebagai SMA Negeri 1, 3, dan 4 Malang. Tiga gedung SMA ini disebut SMA Tugu lantaran terletak di Jalan Tugu. Posisinya begitu strategis, yaitu di sekitar Alun-Alun Bunder yang merupakan pusat pemerintahan Malang yang baru. Bangunannya menghadap ke arah lapangan Jan Pieterzoon Coen. Pembangunan gedung ini hampir bersamaan waktunya dengan pembangunan balaikota Malang.  

BACA JUGA: Hantu Legend Kampus Kota Malang (1)

Terdapat banyak kisah urban legend yang melegenda mengenai kompleks sekolahan ini. Diantaranya terowongan maut, ubin berdarah, dan hantu tanpa kepala.

Kemudian hantu noni belanda, diklat paskibra, ruang PMR SMA 3, pocong lantai dua di SMA 1, wajah meleh, dan ruang ibadah SMA 3.

Terowongan maut

Konon di jaman perjuangan pernah dibangun lorong/terowongan darurat yang menghubungkan kompleks Tugu (yang dulunya pusat pemerintah) sampai ke stasiun Kota Baru Malang. Terowongan ini benar-benar ada dan beberapa anak pernah melihatnya. Lokasinya di lantai panggung Aula Tugu yang tertutup lantai kayu dan bisa dibuka selebar manusia.

Pernah ada dua siswa yang mencoba masuk dan berakhir seram. Di mana siswa pertama hanya merangkak sepanjang setengah jalan dan kembali sambil berteriak histeris karena trauma. Sementara siswa kedua ditemukan 2 minggu kemudian di stasiun Kota Baru dalam keadaan tidak normal.

Ubin berdarah

Lantai berdarah adalah cerita misteri paling terkenal dari kompleks SMA favorit di Malang ini. Di SMA tugu (SMAN 1, 3, 4) yang merupakan gedung bangunan lama ini memakai ubin berwarna kuning yang anehnya dihiasi bercak merah (mulai merah terang sampai kecoklatan) dengan lokasi tak beraturan.

Konon, meski ubin dengan bercak itu diganti, tetap akan muncul bercaknya. Salah satu cerita penyebab lantai berdarah ini karena dulunya SMA Tugu menjadi lokasi penyiksaan tentara jaman perjuangan. Beberapa orang yang berusaha menggantinya sering menjadi jatuh sakit dan kesurupan.

BACA JUGA: Hantu Legend Kampus Kota Malang (2/Habis)

Hantu tanpa kepala

Dari seluruh kompleks SMA Tugu yang paling angker adalah aula Tugu yang dijadikan aula bersama SMAN 1, SMAN 3, dan SMAN 4. Aula ini juga memiliki lantai bercak darah, hanya kini sudah diganti lantai kayu dengan dasaran pasir untuk menghindari bercak darah yang muncul.

Dulu kawasan Tugu pernah mengalami kebakaran hebat dan SMA Tugu menjadi salah satu tempat yang selamat. Sering terlihat barisan tentara Jepang tanpa kepala di sini saat malam hari. Sehingga membuat aula Tugu dilarang dikunjungi saat malam. (kal/1)

Post Terkait

banner 468x60