Senin, September 20, 2021
BerandaSportStadio Olimpico Roma, Saksi Laga Perdana Euro 2020

Stadio Olimpico Roma, Saksi Laga Perdana Euro 2020

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Stadio Olimpico, Roma, Italia menjadi saksi bisu laga perdana antara Turki vs Italia di Euro 2020. Stadion ini menjadi tuan rumah satu laga perempat final serta tiga pertandingan grup A sepanjang gelaran Euro 2020.

Berikut Nusadaily.com telah merangkum sejarah dan fakta terkait stadion dengan kapasitas penonton 70.634 ini.

Nama Stadio Olimpico kali pertama digunakan pada tahun 1960 silam, pada saat Italia ditunjuk secara resmi menjadi tuan rumah Olimpiade. Nama sebelumnya yakni Stadio dei Centomila, merujuk pada kapasitasnya menampung 100 ribu penonton.

BACA JUGA: Prediksi Euro 2020, Belgia vs Russia, Waspada Kejutan

Stadio Olimpico berlokasi di Viale del Gladiatori, Roma, Italia. Satu bagian dari kompleks olahraga Faro Italico, Roma yang juga sempat menjadi pusat kegiatan Komite Olimpiade Nasional Italia (CONI).

Kawasan Stadio Olimpico dikelola oleh CONI/Sport e Salute Klub/Tim, sejak masa pemugaran pada tahun 1949 silam.

Stadion yang ditetapkan sebagai tuan rumah Euro 2020 pada 2014 ini juga mempunyai fasilitas 20 lapangan tenis.

Embrio Stadio Olimpico telah dimulai sejak tahun 1932, di mana pada saat itu menjadi bagian dari proyek pusat olahraga di era kepemimpinan diktator Italia, Benito Mussolini.

Catatan Sejarah

Stadio Olimpico pernah menorehkan catatan sejarah penting dalam perjalanan sepak bola dunia.

Stadio Olimpico yang menjadi markas AS Roma dan SS Lazio, Timnas Italia ini menjadi tempat final Piala Eropa/Liga Champions pada empat kesempatan (1977, 1984, 1996 dan 2009) serta tuan rumah final Piala Eropa 1980 dan final Piala Dunia 1990.

Timnas Italia sendiri kali terakhir memainkan laga di Stadio Olimpico pada Oktober 2019 melawan Yunani, yang berkesudahan dengan skor 2-0. Pertandingan tersebut menjadi bagian dari ajang kualifikasi EURO 2020 Grup J, di mana Italia lolos sebagai pemuncak klasemen akhir grup.

BACA JUGA: Mengenal Kota-kota Penyelenggara Euro: Roma, Piazza Navona, dan Sepak Bola

Di stadion ini pernah digelar pertandingan puncak partai final Piala Dunia 1990 yang mempertemukan Tim Jerman Barat dan Argentina.

Di akhir laga, Argentina harus mengakui keunggulan Jerman 1-0 lewat eksekusi penalti Andreas Brehme di menit ke-85.(lna)

RELATED ARTICLES
- Advertisement -spot_img

popular minggu ini

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Pemkot Malang Alokasikan Dana Cukai Hasil Tembakau untuk Jaminan Kesehatan

NUSADAILY.COM - MALANG - Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan memanfaatkan Dana Bagi Hasil (DBH) Cukai Hasil Tembakau (CHT) untuk program pemenuhan dan penyediaan...