Gol Bersejarah Goran Pandev Paksa Austria Sementara Seri 1-1

  • Whatsapp
Striker Makedonia Utara Goran Pandev (kiri) mencetak sejarah untuk negerinya dan turnamen Piala Eropa sebagai pencetak gol tertua kedua dalam sejarah Euro dalam pertandingan Grup C Euro 2020 melawan Austria di National Arena, Bucharest, Rumania 13 Juni 2021.(AFP/DANIEL MIHAILESCU)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Striker gaek Makedonia Utara Goran Pandev bermain cemerlang pada debut negaranya dalam Piala Eropa. Dengan memaksa Austria seri 1-1 pada babak pertama pertandingan Grup C Euro 2020 di National Arena Bucharest, Rumania, Sabtu malam ini, lewat golnya yang bersejarah.

Pandev menciptakan gol tepat sepuluh menit setelah Stefan Lainer mengantarkan Austria unggul pada menit ke-18.

Baca Juga

Mendikte sepanjang pertandingan dengan 61 persen memegang penguasaan bola, Austria kesulitan menembus sepertiga akhir lapangan akibatnya ketatnya pertahanan Makedonia Utara.

BACA JUGA: Angelovski Tetap Bangga Meski Makedonia Utara Terkapar 1-3

Formasi 5-3-2 yang diterapkan Makedonia Utara membuat pemain-pemain Austria seperti Christoph Baumgartner dan Sasa Kalajdzic kesulitan beroperasi di jantung pertahanan lawannya.

Namun pada menit ke-18, setelah didahului operan satu dua yang berakhir balik pada kaki Marcel Sabitzer. Gelandang ini mengirimkan umpan diagonal agak jauh dari kotak penalti.

Menyambut Bola dengan Satu Sentuhan

Melewati sejumlah pemain Makedonia Utara namun tepat menuju Lainer yang berlari dari sektor kanan pertahanan Makedonia Utara menyambut bola itu dengan satu sentuhan lewat tendangan volinya yang tak bisa dicegah kiper Stole Dimitrievski.

BACA JUGA: Blind Sempat Terpikir Tak Main Karena Terpengaruh Insiden Eriksen

Gol indah ini merupakan gol internasional kedua yang diciptakan Lainer untuk Austria.

Austria makin bernafsu untuk tidak puas dengan satu gol. Tetapi mental para pemain Makedonia Utara juga tidak jatuh dengan malah semakin percaya diri untuk berusaha bangkit membalas.

Pandev kemudian datang menyelamatkan muka Makedonia Utara pada menit ke-28. Ketika dia memasukkan bola liar karena tidak cermatnya pegangan kiper Daniel Bachman yang maju menghadang bola kiriman Ezgjan Alioski.

Gelandang Leeds United itu mengirimkan bola ke arah gawang lawan yang melewati dua pemain Austria dengan sasaran akhir Aleksandar Trajkovksi.

Bachmann sudah benar menghadang bola tetapi tangkapannya tidak kuat sehingga bola lepas bergulir untuk kemudian disambar Pandev yang turut merangsek menyambut bola Alioski. Dia kemudian meneruskan bola ke gawang Austria yang sudah tak terjaga.

BACA JUGA: Juara French Open, Barbaro Krejcikova Tujukan Hormat Pada Jana Novotna

Ini gol monumental bagi Makedonia Utara dan Pandev karena tercipta pada debut mereka dalam turnamen Euro.

Gol pemain Genoa itu tercipta setelah 20 tahun dia mengawali debutnya bersama timnas negara pecahan bekas Yugoslavia berpenduduk dua juta jiwa ini.

Pada usia 37 tahun 321 hari Pandev juga mencatat sejarah dengan menjadi pemain tertua kedua yang menciptakan gol dalam sejarah Piala Eropa.

Kedudukan 1-1 itu mengakhiri babak pertama dan berlanjut sampai menit-menit pertama babak kedua di mana Austria terus menekan memburu kemenangan.(int4)