Minggu, Januari 23, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaRegionalSetelah Pupuk, Kini 2.500 Bibit Durian Montong dan Kelengkeng Diamond Dibagikan ...

Setelah Pupuk, Kini 2.500 Bibit Durian Montong dan Kelengkeng Diamond Dibagikan Gratis kepada Petani Jatibanteng

NUSADAILY.COM – SITUBONDO – Belum usai pembagian pupuk urea gratis kepada para petani, kini Bupati Situbondo, Karna Suswandi bertekad menjadikan Desa Sumberanyar dan Pategalan, Kecamatan Jatibanteng sebagai sentra penghasil Durian Montong dan Kelengkeng Diamond.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Untuk mewujudkan itu, orang nomor satu di Kota Santri Pancasila ini membagikan 2500 bibit buah yang terkenal dengan rasanya yang manis tersebut kepada para petani secara gratis.

Bupati 54 tahun ini mengatakan, pihaknya membagikan 1500 bibit Kelengkeng Diamond kepada petani di Desa Sumberanyar. Dan 1000 bibit Durian Montong kepada petani di Desa Pategalan.

“Sambil mendistribusikan pupuk urea gratis, kami juga membagikan 1500 bibit Kelengkeng Diamond kepada tiga kelompok tani di Desa Sumberanyar. Yakni Sumber Cayaha, Tirto Argo dan Anugerah. Kemudian 1000 bibit Durian Montong untuk dua kelompok tani di Desa Pategalan. Yaitu Bunga Desa serta Pagar Gunung,” ujarnya, Kamis, 2 Nopember 2021.

Dua Desa Tersebut Cocok Ditanami Kelengkeng dan Durian

Pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini mengungkapkan, kedua desa tersebut sangat cocok untuk dijadikan sentra penghasil Durian Montong dan Kelengkeng Diamond. “Hasil survei lokasi dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Situbondo seperti itu. Seperti yang kita ketahui, disini udaranya sangat sejuk dan juga wilayah pegunungan dengan tanah yang subur. Insya allah cocok untuk kedua buah itu,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa, Bung Karna ini menginstruksikan kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Situbondo untuk melakukan pemetaan wilayah guna mengetahui potensi disetiap kecamatan yang ada di Kota Santri Pancasila. Sehingga bisa menjadi sentra penghasil buah, tembakau, kopi, vanilla dan sebagainya.

“Saya tidak ingin tanaman mangga, kelengkeng, durian, kopi, vanilla disebar ke semua kecamatan di Situbondo. Nanti tidak akan maksimal hasilnya. Kami ingin difokuskan pada satu wilayah, sehingga setiap kecamatan menjadi sentranya masing-masing,” pungkasnya.

Pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini optimis, ribuan bibit Durian Montong dan Kelengkeng Diamond yang dibagikan kepada petani di dua desa tersebut bisa berbuah di usia 4 sampai 5 tahun. “Segera ditanam, karena sekarang masih musim hujan. Dan kasih pupuk yang cukup. Lakukan itu secara teratur,” tutupnya. (fat/aka).

@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed