Pantau Pelatihan Inovasi Sektor Perikanan, Menteri Edhy Tunjukan Skill Memasak

  • Whatsapp
Menteri Edhy Prabowo unjuk gigi dalam memasak ikan. (foto: ozi/nusadaily.com)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BANYUWANGI – Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banyuwangi, Kamis 9 Juli 2020. Kedatangan Edhy ini untuk melihat langsung potensi perikanan yang ada di Bumi Blambangan.

Baca Juga

Edhy tak datang sendirian. Kedatangannya didampingi Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin serta Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra Sumail. Rombongan datang sekitar pukul 16.00 dan langsung menuju ke Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Banyuwangi untuk memantau pelatihan inovasi di sektor perikanan.

Para peserta pelatihan menyambut gembira kedatanan menteri Edhy. Mereka menunjukkan berbagai inovasi olahan yang berbahan baku ikan. Ada yang dijadikan bakwan, somai dan beberapa jenis kue lainnya. Edhy pun mencicipi inovasi kuliner dari para peserta.

Tak hanya itu, Edhy pun unjuk gigi menunjukkan kemampuannya di dapur. Dengan cekatan dia menggoreng bakwan wajan penggorengan layaknya chef professional. “Rasa olahan masakan (berbahan baku ikan) yang dibikin meraka luar biasa. Saya sudah rasakan. Saya berani taruhan karena saya adalah orang yang senang kuliner,” katanya.

Menteri Sapa Peserta Pelatihan Online

Dalam kesempatan ini, Menteri Edhy juga menyapa 160 peserta pelatihan secara online yang berasal dari Pulau Dewata. Mereka dilatih untuk meningkatkan SDM khususnya di bidang hasil olahan sektor perikanan.

“Pelatihan secara online dengan masyarakat dari Jembrana, Tabanan dan Buleleng 160 orang ini dilakukan untuk mendorong kemampuan SDM masyarakat. Kita beri masukan secara online, bagaimana untuk mengelola ikan, dari penangkapan sampai pengolahan termasuk penjualan dan permodalannya,” kata Edhy.

Edhy terus mendorong masyarakat agar senantiasa meningkatkan kapasitasnya di tengah Pandemi Covid-19. Salah satunya ialah dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan Kementerian KKP secara online.

“Ini pola yang kita rubah dari proses konvensional menjadi daring. Ini upaya kita untuk mendorong masyarakat untuk meningkatkan kemampuannya di tengah Covid-19,” imbuhnya.

Menteri Edhy dijadwalkan berada di Kota Gandrung selama dua hari. Rencananya, pada hari Jumat besok, dia akan mengunjungi sentra budidaya sidat yang berada di Desa Bomo, Kecamatan Blimbingsari.

“Besok saya akan lihat sidat. Sidat ini asalnya dari Zaragoza, dari luar negeri. Tapi begitu mereka bertelur, mereka berimigrasi paling besar ke Indonesia. Seluruh sidat yang kumpul di Indonesia ini, kumpulnya pembesarannya paling banyak di perairan Banyuwangi. ini akan kita kembangkan,” tutupnya. (ozi/aka)

Post Terkait

banner 468x60