Masyarakat Berjejal Saat H-1 Lebaran, Petugas Tutup Pasar Batu Selama 1 Jam

  • Whatsapp
banner 468x60


NUSADAILY.COM-KOTA BATU– Antusias masyarakat untuk memborong segala kebutuhan menyambut Hari Raya Lebaran terlihat di Pasar Besar Batu. H-1 jelang Lebaran masyarakat berduyun-duyun memadati Pasar Batu.

Terjadi kenaikan yang cukup drastis saat H-1 Lebaran. UPT Pasar Besar Kota Batu memperkirakan jumlah pengunjung mencapai 1500 orang. Lonjakannya cukup drastis dibandingkan sehari sebelumnya (Selasa, 11/5), yang berkisar 700-800 orang.

Baca Juga

Kepala UPT Pasar Besar Kota Batu, Agus Suyadi mengatakan, lonjakan pengunjung terjadi sejak awal puasa lalu. Dimana per harinya ada kenaikan 10-15 persen dibandingkan hari-hari biasa.

“Hari ini, memasuki H-1 Lebaran pengunjungnya melonjak drastis. Sebelumnya ada kenaikan memang, berkisar 700-800 pengunjung per hari. Kali ini makin bertambah hingga mencapai 1500 orang,” tutur Agus (Rabu, 12/5).

Tingginya jumlah kunjungan menyebabkan masyarakat berdesakan. Sehingga petugas dibantu personel kepolisian menutup sementara pasar selama satu jam. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan di dalam pasar. Terlebih pada saat pandemi ini, kerumunan sangat beresiko terhadap potensi penularan.

“Tadi ditutup sementara mulai jam 10.00-11.00. Pembeli yang baru datang sempat tidak diizinkan masuk. Karena di dalam pasar sudah sangat ramai,” ujarnya.(wok/aka)