Ketua NasDem Jember: Solidkan Koalisi Amankan Suara Menang Pilkada

  • Whatsapp
kemenangan jember
Ketua DPD Nasdem Jember, Marsuki Abdul Ghofur larut dalam nuansa kemenangan paslon yang diusung. (nusadaily.com/ Sutrisno)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JEMBER – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Jember, Hendy Siswanto – KH Mohamad Balya Firjaun Barlaman (Hendy–Gus Firjaun) dalam posisi tertinggi suaranya versi hitung cepat berbagai lembaga survei.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis quick count Hendy-Gus Firjaun mendulang suara 47,95%; unggul melampaui paslon Faida-Vian yang sekitar 30,41%; maupun Salam-Ifan 21,64%. Data yang sudah masuk mencapai 95,77% dari TPS sampling hingga jam 16.43 WIB, pada Rabu, 9 Desember 2020.

Baca Juga

Demikian halnya dari situs ‘Info Publik Pilkada’ milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang dapat diakses lewat https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkk/tungsura/3509 hingga pukul 18.14 WIB peringkat suara juga sama. Hanya persentase sedikit berbeda, yakni Hendy-Gus Firjaun 46,8%; Faida-Vian 31,8%; dan Salam-Ifan 21,5%.

Atas dasar itulah, Ketua DPD NasDem Jember Marsuki Abdul Ghofur merasa calon yang diusung partainya berpeluang besar memenangi Pilkada Jember. Sebab, data dari saksi internal juga menunjukkan persentase yang hampir mirip.

“Hasil hitung cepat yang marginnya sangat melebar jauh itu tidak akan bisa dikejar. Kita sudah pasti menang, dan tidak akan mengubah hasil perhitungan KPU hinngga akhir nanti. Sekarang kami solidkan koalisi amankan suara menang Pilkada,” tegasnya.

NasDem mengusung Hendy-Gus Firjaun bersama Partai Gerindra, Partai Demokrat, PPP, dan PKS dengan modal kekuatan 28 kursi di DPRD Jember. Lawannya calon petahana namun lewat jalur perseorangan, yakni Faida – Dwi Arya Nugraha Oktavianto; dan juga Abdus Salam – Ifan Ariadna Wijaya yang diusung PDIP, PKB, PAN, Partai Golkar, Partai Perindo, serta Partai Berkarya.

Para kandidat yang bertarung di Pilkada Jember tersebut berebut suara terbanyak dari 1.825.386 jumlah pemilik hak suara yang pemungutannya dilakukan ke 4.752 TPS di 248 desa/kelurahan dalam 31 kecamatan.

Namun, seiring munculnya quick count dengan hasil yang mendominasi unggul telak, suasana riuh tampak di posko pemenangan Hendy-Gus Firjaun di Jalan Manyar, Kelurahan Slawu, Kecamatan Patrang. Ribuan orang datang silih berganti datang memberikan selamat kepada Hendy dan Gus Firjaun. (sut)